4 Manfaat Daun Jat & Tips Menarik


Kalau kamu tinggal di daerah Jakarta, mungkin sudah sulit untuk ketemu sama pohon jati. Coba bergeser sedikit deh ke daerah Bogor dan sekitarnya. Di sana masih banyak pohon jati yang tinggi-tinggi dan pastinya bikin adem. Nah pohon jati sendiri sebenarnya paling banyak ada di kawasan Blora, Jawa Tengah. Di sana pohon jati bisa mencapai 90 ribu hektar! Pohon jati punya banyak sekali manfaat. Sebut saja kayunya yang sering dijadikan bahan furnitur, yang lebih kuat jika dibandingkan sama bahan lain. Tapi gak hanya kayunya, daunnya pun ternyata punya banyak manfaat menarik. Apa saja ya?

1. Sebagai bahan baku pupuk organik.

Kamu tahu, daun jati kering ternyata bisa dimanfaatkan menjadi pupuk loh. Beberapa pengusaha di Yogyakarta membuat daun jati yang sudah kering menjadi pupuk organik. Caranya, daun jati digiling sampai bentuknya kecil, lalu direndam air. Setelah itu daun jati ini ditumpuk di ruangan terbuka sampai membusuk. Jika sudah busuk, daun jati ini dijemur sampai kering lalu di-packing. Pupuk organik dari bahan ini sudah sangat terkenal dan bahkan sampai diekspor ke Jepang!

2. Sebagai bahan baku briket.

Ladies, kalau kamu kehabisan bahan bakar di rumah, kamu bisa menggunakan daun jati ini sebagai penggantinya. Briket merupakan bahan yang bisa digunakan untuk media membuat dan mempertahankan api. Umumnya, briket terbuat dari batu bara, arang, dan gambut. Tapi ternyata daun jati juga bisa loh menjadi bahan baku briket.

3. Sebagai bahan pembungkus daging.

Nah kalau biasanya daging dibungkus dengan plastik, kamu juga bisa menggunakan daun jati sebagai gantinya. Selain lebih alami dibandingkan plastik, daun jati ini ternyata lebih higienis. Sehingga daging yang dibungkus daun jati akan bisa awet lebih lama. Pilihlah daun jati yang masih muda agar tidak gampang sobek saat membungkus daging. Kamu juga jadi lebih ramah lingkungan kan kalau menggunakan daun jati ini, karena sudah bisa mengurangi penggunaan kantong plastik.

4. Membantu diet & jadi obat pencahar.


Ada dua jenis daun teh jati yang biasa dikonsumsi publik, yakni daun jati Cina dan daun jati Belanda. Nah, sebenarnya keduanya ini punya kemampuan yang berbeda. Kalau kamu mau melancarkan BAB, kamu bisa mengonsumsi daun jati Cina. Daun jati Cina atau daun Senna Alexandrina memang biasa digunakan untuk obat-obatan pelancar pencernaan alami sejak zaman dulu. Eh tapi sebaiknya kamu gak mengonsumsi daun ini selama tujuh hari berturut-turut ya. Soalnya kamu malah akan ketergantungan dengan teh ini. Sementara daun jati Belanda atau Guazuma Ulmifolia biasa digunakan untuk pelancar diet. Soalnya, daun ini kaya akan tanin yang mudah berikatan dengan protein sehingga proses penyerapan makanan di usus bisa berkurang.

Sumber:https://resepkoki.id/4-manfaat-tips-menarik-dari-daun-jati/

Belum ada Komentar untuk " 4 Manfaat Daun Jat & Tips Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel