5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan


Terus apa saja sih khasiatnya untuk kesehatan.

1. Mengobati sakit gigi & gusi bengkak.

Kalau kamu sakit gigi dan sudah gak tahan banget, coba cari-cari cengkeh di dapur. Soalnya cengkeh dipercaya berkhasiat untuk meredakan sakit gigi walau hanya sementara. Ini karena cengkeh mengandung analgesik atau pereda nyeri alami. Kamu juga bisa menggunakan cengkeh ini untuk menyembuhkan gusi yang bengkak.

Caranya coba sangrai 5-10 butir cengkeh, tumbuk halus, dan taburkan pada bagian gigi yang sakit atau gusi yang bengkak. Diamkan bubuk cengkeh ini di dalam mulut selama 3-5 menit. Kamu juga bisa menggunakan minyak cengkeh yang dioleskan ke cotton bud lalu dioleskan ke gigi atau gusi yang sakit. Hanya saja kamu harus hati-hati kalau menggunakan minyak cengkeh karena sifatnya yang sangat panas. Bagi beberapa orang yang punya mulut sensitif, minyak cengkeh malah bisa membuat mulut luka.

2. Meredakan batuk.

Duh gak enak deh kalau batuk terus menerus. Selain capek, tenggorokan juga bisa jadi luka karena terlalu sering bergesek dengan dahak. Sebenarnya batuk ini terjadi karena dahak yang belum encer. Nah untuk mengencerkannya, kamu cukup mengunyah cengkeh. Cengkeh punya kandungan kimia ekspektoran yang berfungsi melancarkan dahak. Tapi siap-siap ya, soalnya cengkeh ini agak pahit kalau dikunyah begitu saja. Sebenarnya gak hanya untuk batuk saja, kandungan ekspektoran ini juga berguna untuk melancarkan sistem pernapasan dalam tubuh secara keseluruhan.

3. Penyegar alami.

Aroma mulut yang gak sedap memang jadi pemicu kurangnya percaya diri. Tak usah bingung, kamu bisa menggunakan cengkeh kok. Kandungan eugenol dalam cengkeh akan bekerja untuk menghilangkan bau mulut. Caranya praktis banget. Kamu cukup menghisap cengkeh seperti menghisap permen. Aroma mulut gak cuma jadi normal, sariawan atau bibir pecah-pecah juga bisa teratasi.

4. Mengatasi mual.

Kalau kamu sedang mual, coba deh buat air rebusan dari cengkeh. Caranya, rebus cengkeh dan asam jawa. Kamu bisa menambahkan gula aren, gula pasir, atau madu supaya ada rasa manisnya. Tunggu sampai air rebusan tinggal setengah, terus minum dua kali sehari. Gak cuma untuk menghilangkan mual, air rebusan ini juga bisa untuk menghilangkan kembung. Buat ibu-ibu hamil yang lagi morning sickness, bisa juga diatasi dengan air rebusan ini.

5. Menghilangkan bekas jerawat.


Ayo yang mau cantik secara alami bisa nih menggunakan cengkeh untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan eugenol pada cengkeh bisa juga jadi pelembap alami kulit loh. Kamu bisa mengoleskan air rebusan cengkeh pada jerawat atau noda bekas jerawatnya. Lakukan ini rutin setiap hari, pagi dan malam hari ya.

Sumber:https://resepkoki.id/5-manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan/

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel