Tips Menyimpan Ketumbar Agar Lebih Tahan Lama


Mau tahu bagaimana caranya? Cuss kita simak tips menyimpan ketumbar agar lebih tahan lama di bawah ini ya!

1. Pilih ketumbar segar yang berwarna kuning bersih.

Kalau kamu beli ketumbar di pasar, memang terkadang kita gak bisa memilih ketumbar yang segar, karena biasanya ketumbar dijual dalam bentuk yang sudah dibungkus plastik. Tapi kamu bisa kok memilihnya sendiri ketika sampai di rumah. Ketumbar yang segar punya warna yang kuning bersih dan tidak berbau apek. Kalau kamu dapat biji ketumbar yang sudah berwarna agak hitam, mending kamu buang aja deh, itu tandanya ketumbar kurang bagus dan bisa membuat cita rasa masakan kamu jadi aneh. Oh iya, jangan lupa pisahkan juga ya ketumbar yang sudah pecah dan yang masih utuh.

2. Disangrai dengan api kecil.

Ketumbar yang sudah kamu pilih tadi, disangrai di atas teflon. Masukkan ketumbar ke teflon yang sudah dipanaskan tanpa minyak dengan api kecil, terus ketumbar dibolak-balik tapi jangan sampai gosong ya. Kenapa sih harus disangrai? Selain bisa mematikan kutu dan jamur supaya lebih tahan lama, ketumbar yang disangrai ini bertujuan agar aroma yang dihasilkan bisa lebih kuat sehingga akan lebih mantap bila digunakan sebagai bumbu masakan.

3. Masukkan ketumbar dalam toples kecil.


Nah kalau ketumbar sudah disangrai, dinginkan terlebih dahulu ya sebelum memasukkannya ke toples agar uap panas setelah dipanaskan tadi keluar. Jika sudah benar-benar dingin, baru deh masukkan ketumbar ke dalam toples kecil yang kedap udara. Toples yang kedap udara akan menghindari masuknya udara luar ataupun kotoran yang terkadang bikin ketumbar jadi gak seger. Eitts, toplesnya toples kosong ya, jangan sampai ketumbar dicampur sama bumbu dapur lain sebab aromanya jadi bercampur dan aneh. Setelah dimasukkkan, jangan lupa tutup rapat ya! Satu lagi, letakkan toples yang berisi ketumbar di tempat yang sejuk dan kering dan jangan terkena matahari langsung.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-menyimpan-ketumbar-agar-lebih-tahan-lama/

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyimpan Ketumbar Agar Lebih Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel