Cara Membuat Kaldu Seafood


Pilih bahan-bahan seafood

Beli ikan kakap utuh tapi seringnya cuma bikin ikan kakap asam manis atau kakap gulai? Manfaatkan kepala dan ekornya, deh. Ikan-ikan berdaging putih seperti kakap, tenggiri, dan gurame cocok untuk kaldu ikan. Kalau pakai ikan berdaging merah seperti salmon atau tuna, rasa kaldunya akan nyengat sekali karena kadar lemak yang tinggi. Jadi, sisakan bagian ekor, tulang, dan kepala ikan untuk bikin kaldu. Kalau masih lama bikinnya, simpan dulu saja dalam freezer.

Selain ikan, anda juga bisa pakai seafood lainnya seperti kerang, udang, kepiting, atau lobster. Kalau anda bikin kepiting saus tiram, tentu cangkangnya tidak anda makan, ya. Atau buat udang saus asam manis, ebi furai, atau udang telur asin pasti anda mengupas udang dan menyisakan kulit, ekor, dan kepalanya. Nah agar tidak food wasting, simpan saja sisa kupasan dan cangkang untuk buat kaldu seafood.

Bersihkan bahan-bahan seafood

Sebelum diolah menjadi kaldu, pastikan bahan-bahan seafood-nya segar, ya. Ingatlah bahwa kesegaran mempengaruhi kualitas kaldu. Bersihkan bahan-bahan pilihan anda dengan air bersih. Kalau pakai ikan, bersihkan ikan di air mengalir. Pastikan ikan bebas dari insang dan darah karena dapat membuat kaldu terasa pahit. Kalau masih ada sisa daging di dekat tulang ikan, tak usah dibersihkan agar menambah aroma dan rasa pada kaldu. Kalau pakai seafood lainnya (cangkang, kulit, dsb.), cukup rendam dalam air dingin selama beberapa saat.

Bolehkah memadukan ikan dan seafood lainnya untuk satu kaldu? Boleh sekali. Dengan begitu, kaldu seafood anda akan terasa kaya dan “seafood banget” terutama kalau mau memasak hidangan seafood dengan aneka jenis bahan laut. Namun kalau hidangannya spesifik seperti bakso ikan atau sup udang, sebaiknya anda gunakan satu jenis seafood sesuai hidangan tersebut, ya.

Memasak kaldu

Setelah bahan seafood dibersihkan, siapkan sebuah panci dan beri sedikit minyak. Nyalakan api sedang dan masukkan bahan seafood untuk disangrai. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan rasa khas seafood. Setelah bahan seafood sedikit kering, langsung tuangkan air hingga bahan seafood terendam. Kecilkan api dan tambahkan bumbu seperti garam, lada, bawang bombay, dan sebagainya untuk menambah citarasa.


Aduk sebentar lalu masak kaldu hingga airnya berubah keruh coklat kejinggaan dan beraroma wangi. Setelah matang, saring kaldu dengan saringan halus dan kaldu siap digunakan sebagai kuah masakan. Kalau untuk stok, dinginkan kaldu dalam suhu ruang lalu masukkan dalam freezer.

Sumber:https://resepkoki.id/cara-membuat-kaldu-seafood/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kaldu Seafood"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel