5 Khasiat Temulawak yang Luar Biasa



Lalu apa khasiat luar biasa temulawak yang bisa kita rasakan?

1. Menambah nafsu makan.

Yes, ternyata benar banget kalau temulawak bisa menambah nafsu makan. Gak cuma untuk anak-anak, bisa juga untuk orang dewasa kok. Ini karena temulawak punya kandungan senyawa kurkuminoid yang bisa menambah nafsu makan.

Agar lebih simple, kamu cukup membeli sari temulawak yang ada di apotek lalu diseduh air hangat. Eh tapi kalau kamu mau memberikannya untuk anak-anak, sari temulawak ini lebih baik tidak diberikan untuk anak dibawah usia 2 tahun ya. Takutnya malah menyebabkan obesitas karena anak terbiasa diberi penambah nafsu makan sejak dini.

2. Mengatasi masalah pencernaan.

Selain untuk penambah nafsu makan, temulawak juga bisa mengatasi masalah pencernaan. Kandungan dalam temulawak dipercaya bisa merangsang produksi empedu yang bisa melancarkan pencernaan. Sebuah rumah sakit khusus untuk penderita gangguan perut dan hati bahkan sudah membuktikan hal ini. Tahun 2006 kemarin, mereka memberikan jamu temulawak untuk pasien-pasiennya. Dan hasilnya? Kondisi pencernaan mereka membaik loh.

3. Meredakan nyeri di perut saat menstruasi.

Kalau kamu sering merasa nyeri di perut saat haid, kamu bisa menggunakan temulawak juga untuk mengatasinya. Temulawak punya kandungan nutrisi yang bersifat dingin sehingga bisa meredakan nyeri sakit perut kamu.

Caranya siapkan temulawak, asam jawa, dan gula aren. Iris-iris semua bahan, lalu rebus sampai airnya tinggal setengah. Nah ramuan ini bisa kamu minum saat sedang nyeri haid, setiap pagi dan sore. Selain itu, ramuan ini juga bisa untuk mengatasi menstruasi yang gak teratur dan menghilangkan bau amis darah menstruasi kamu.

4. Memperlancar ASI.

Ibu menyusui, mana suaranya? Ternyata mengonsumsi temulawak bisa melancarkan ASI loh. Kandungan antioksidannya bisa menstabilkan proses oksidasi nutrisi dalam tubuh. Jika oksidasi nutrisi ini terjadi, produksi ASI pada ibu akan berkurang dan kualitasnya menurun. Sementara oksidasi nutrisi ini tetap dibutuhkan untuk memproduksi protein dan asam lemak dalam ASI.

5. Mengatasi masuk angin.


Duh, badan meriang, kepala pusing, rasanya ingin ‘dikerok’ saja biar anginnya keluar semua. Tapi daripada dikerok, mendingan kamu minum ramuan herbal temulawak. Temulawak dipercaya bisa mengatasi masuk angin dan sakit kepala. Cukup siapkan 2 rimpang temulawak, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, seduh dengan air hangat dan minum 2-3 kali sehari. Kamu juga bisa kok menggunakan jamu temulawak yang sudah jadi.

Sumber:https://resepkoki.id/5-khasiat-temulawak-yang-luar-biasa/

Belum ada Komentar untuk "5 Khasiat Temulawak yang Luar Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel