6 Tips Memilih Buah Srikaya yang Bagus


Mari simak beberapa tips dalam memilih srikaya yang baik berikut ini!

1. Pilih srikaya dengan benjolan besar.

Biasanya srikaya dengan benjolan besar memiliki sisik yang besar juga. Jarak antara sisik pun agak renggang. Hal ini menandakan bahwa srikaya sudah tua dan matang sehingga buahnya pun enak untuk kamu konsumsi.

2. Lihat warna celah antar sisik.

Selain jarak antar sisik yang cukup renggang, srikaya yang sudah matang ditandai juga dengan warna celah antar sisik. Srikaya yang sudah matang akan menunjukkan warna kuning pada celah antar sisiknya. Sedangkan, jika warna celah antar sisiknya berwarna merah muda, lebih baik jangan kamu pilih deh. Hal ini menunjukkan buah srikaya masih terlalu muda dan belum matang.

3. Pilih srikaya yang lunak ketika ditekan.

Sebelum kamu membeli srikaya di pasar atau di supermarket, ada baiknya kalau kamu coba tekan-tekan dulu kulitnya. Kalau lunak, berarti srikaya yang kamu ambil sudah matang.

4. Cium aromanya.

Nah bau yang dikeluarkan dari srikaya ternyata juga bisa dijadikan indikator kualitas srikaya. Srikaya yang sudah matang dan siap disantap akan mengeluarkan bau srikaya yang khas meskipun baunya tidak terlalu pekat.

5. Hindari srikaya yang terlalu lembut.

Seperti pada buah-buahan lainnya, biasanya buah yang terlalu lembut menunjukkan buah tersebut sudah terlalu matang sehingga ketika dimakan teksturnya terlalu lembek. Sama seperti srikaya, jika terlalu lembut maka teksturnya akan sangat lembek bahkan berair. Ih, jadi gak berasa deh rasa enak dan segarnya buah srikaya.

6. Simpan dalam suhu ruangan.


Kamu terlanjur membeli srikaya yang kurang matang? Gampang! Caranya kamu hanya perlu menyimpan srikaya di suhu ruangan. Eittsss, inget ya, suhu ruangan, jangan kamu taruh di kulkas karena suhu kulkas tidak akan mempengaruhi kematangan dari srikaya yang sudah kamu beli.

Sumber:https://resepkoki.id/6-tips-memilih-buah-srikaya-yang-bagus/

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memilih Buah Srikaya yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel