Cara Tepat Merawat Peralatan Masak dari Bahan Teflon


Alat masak anti lengket yang paling populer di dapur Indonesia saat ini tentunya adalah teflon. Hal ini disebabkan harganya yang super terjangkau, mudah didapatkan di mana-mana, ringan, dan mudah dibersihkan.

Tapi di balik keistimewaan teflon, tetap saja kamu perlu memperhatikan perawatan terbaik untuk peralatan masak jenis ini. Karena jika lapisan anti lengketnya rusak atau mengelupas, bukan manfaat sehat yang kamu dapatkan tapi justru bisa membahayakan kesehatan. Karena lapisan yang terkelupas bisa saja masuk ke dalam masakan dan termakan. Ngeri kan? 

Ingat ya, cara perawatan yang benar akan membuat peralatan masak berbahan teflon lebih awet dan aman untuk digunakan sehari-hari. Nah, coba tips perawatan di bawah ini ya.

1. Hindari alat masak logam

Jangan pernah gunakan spatula berbahan logam ya, sebaiknya gunakan spatula atau pengaduk yang terbuat dari kayu halus untuk menghindari goresan pada lapisan anti lengket.

2. Gunakan api kecil hingga sedang

Sebaiknya memasak menggunakan api kecil atau sedang, karena ternyata peralatan masak berbahan teflon dirancang hanya untuk memasak pada suhu panas rendah hingga sedang lho.

Memasak pada suhu tinggi menggunakan alat masak teflon bisa berbahaya karena menyebabkan lapisan anti lengketnya meleleh, mengelupas atau bahkan menguap hingga menjadi racun berbahaya. Baca selengkapnya mengenai bahaya teflon ini disini.

3. Mencuci teflon

Kalau suhu teflon masih panas jangan buru-buru menyiramnya dengan air.  Ingat, perubahan suhu yang drastis akan menyebabkan kerusakan pada lapisan anti lengketnya.  Sebaiknya didiamkan hingga dingin baru kemudian dicuci sampai bersih.

Ingat ya untuk selalu gunakan sabun pencuci piring dan spon pencuci piring yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada lapisan anti lengket.

Hindari merendam panci/wajan anti lengket dengan air sabun ya karena memungkinkan lapisan anti lengketnya untuk menyerap aroma dan rasa sabun tersebut.  Ngak mau kan masakan kamu bau sabun?

4. Membersihkan noda membandel

Gunakan asam sitrat atau baking soda untuk membersihkan kerak yang melekat di dasar wajan atau panci teflon. Kamu cukup merebus sedikit air yang sudah dicampur asam sitrat atau baking soda dengan menggunakan alat masak tersebut sampai mendidih baru kemudian mencucinya seperti biasa untuk mengangkat kerak, mudah kan?

5. Saat Penyimpanan

Jika permukaan panci/wajan anti lengket sudah kering, kamu bisa melapisinya dengan sedikit minyak goreng agar tetap terjaga kelembabannya. Cukup menuangkan sedikit minyak goreng pada kain bersih yang lembut dan mengoleskannya pada permukaan alat masak.

Hindari menumpuk alat masak berbahan teflon dengan peralatan masak lainnya yang terbuat dari logam agar terhindar dari kemungkinan tergores. Cukup dengan menggantung alat masak berbahan teflon agar lebih aman dan tidak tergores alat masak lainnya.

6. Ganti teflonmu yang sudah penuh goresan

Jangan menggunakan alat masak berbahan teflon yang sudah banyak goresan. Goresan pada lapisan anti lengket menyebabkan alat masak tersebut kehilangan fungsi anti lengketnya bahkan beresiko serpihan anti lengket yang mengelupas tercampur dan masuk ke dalam makanan yang sedang dimasak. 


Satu lagi hal penting yang dilakukan nih, biasakan diri teman-teman untuk membaca ketentuan atau petunjuk cara pemakaian pada panci atau wajan anti lengket ya. Karena masing-masing merk tentu memiliki ketentuan yang berbeda.

Sumber:https://resepkoki.id/cara-tepat-merawat-peralatan-masak-dari-bahan-teflon/

Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Merawat Peralatan Masak dari Bahan Teflon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel