5 Cara Belanja Dengan Anak-Anak di Supermarket


Mengajak anak kecil berbelanja dapat menyenangkan sekaligus merepotkan tetapi jangan khawatir! Sebenarnya aktivitas ini bisa membantu si kecil belajar banyak hal loh! Agar anda dapat tetap berbelanja dengan aman dan nyaman, berikut beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan:

1. Membuat daftar belanja terlebih dahulu

Berbelanja terlalu lama dapat membuat si kecil rewel dan bosan. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah daftar barang apa saja yang ingin dibeli untuk menghindari kegiatan belanja yang tidak terencana dan memakan waktu. Daftar ini juga akan membuat belanja anda lebih terkontrol dan sesuai kebutuhan sehingga bisa hemat pengeluaran.

2. Libatkan mereka dalam aktivitas berbelanja

Anak-anak suka mencoba dan mengikuti apa yang orang dewasa lakukan. Biarkan mereka ikut membantu hal-hal kecil agar mereka dapat ikut beraktivitas. Cobalah untuk mengajak si kecil ikut berpartisipasi dengan menanyakan hal-hal kecil, misalnya: “Kira-kira selain sabun, barang apa saja yang harus ada di dalam kamar mandi?”. Kuis kecil seperti ini bisa membuat mereka lebih semangat dan antusias untuk keliling belanja. Ditambah lagi, tentunya dapat melatih daya pikir mereka dan menambah kosakata melalui nama dan jenis barang. Si kecil tidak lagi menganggap supermarket membosankan.

3. Beri hadiah untuk perilaku yang baik

Anda pasti mengharapkan si kecil dapat berperilaku baik dan tenang saat di depan umum. Namun, nyatanya hal ini tidak selalu berjalan mulus. Mereka akan mulai berimajinasi dan menganggap supermarket adalah tempat yang penuh dengan petualangan. Oleh karena itu, biarkan anak-anak tahu betapa hebatnya mereka jika bisa berperilaku dengan baik dan tenang saat diajak ke supermarket.

Beri mereka hadiah berupa jalan-jalan ke taman atau dibacakan buku favorit saat pulang ke rumah nanti. Hindari menggunakan makanan sebagai hadiah untuk mereka agar si kecil tidak terbiasa.

4. Makan sebelum berbelanja

Kita semua tahu apabila lapar melanda saat berbelanja, rasanya ingin membeli makanan atau barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Sama seperti anda, anak-anak juga sulit mengatasi rasa lapar. Agar si kecil tidak merengek dan berhenti menghujani anda dengan banyak permintaan, usahakan makan terlebih dahulu sebelum pergi belanja. Jika tidak memungkinkan untuk makan dulu, bawalah makanan kecil atau susun prioritas dengan membeli camilan terlebih dahulu sehingga mereka bisa ngemil sambil berbelanja.

5. Pergi ke kamar kecil setelah tiba di supermarket


Anak kecil memang kadang tidak bisa diprediksi. Tiba-tiba bisa saja ia meminta anda untuk menemaninya ke kamar kecil. Kalau sudah begini, anda akan merasa kerepotan untuk menghentikan aktivitas belanja. Oleh karena itu, tanyakan pada anak anda apakah dia mau menggunakan kamar kecil sebelum berbelanja.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-belanja-dengan-anak-anak-di-supermarket/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Belanja Dengan Anak-Anak di Supermarket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel