Berbagai Aneka Jenis Pisang yang Cocok untuk Kolak


Kolak pisang adalah salah satu jenis kolak yang paling populer di bulan Ramadhan. Namun, perlu diketahui tidak semua pisang terasa enak jika dibuat sebagai bahan dasar membuat kolak. Lalu, jenis pisang apa saja yang cocok untuk menu ini? Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini!

1. Pisang Kepok

Bisa dibilang jenis pisang yang ini paling cocok untuk diolah menjadi bahan kolak. Ada dua jenis pisang kepok, pisang kepok putih dan kuning. Meskipun teksturnya empuk, pisang kepok putih lebih kecil, memiliki kulit tipis, dan kurang enak. Sebaliknya, pisang kepok kuning lebih banyak, isinya padat, dan lebih enak untuk disantap menjadi kolak, pisang goreng , lebih sering keripik pisang.

Pisang kepok yang matang penuh kuning yang tidak bercampur dengan warna hijau. Jadi, hindari membeli pisang kepok berwarna kuning di satu sisir karena ada pisang yang dipoles agar terlihat segar.

2. Pisang Nangka

Pisang yang satu ini memiliki aroma yang khas dengan rasa asam manis. Rasanya manis asamnya memang gurih jika dicampur dengan kuah santan. Jangan bingung memilih warna pisang. Pisang nangka juga memiliki tekstur agak keras sehingga tidak pecah jika diolah.

Karena kulitnya berwarna hijau, Anda tentu bingung menentukan mana pisang nangka yang sudah matang. Oleh karena itu, mengatasilah bagian tandan. Hindari membeli pisang yang memiliki tanda cokelat atau kering karena mengandung pisang ini sudah tidak segar lagi. Pilihlah tandan pisang berwarna hijau.

3. Pisang Tanduk

Pisang yang satu ini memiliki ukuran yang paling besar di antara pisang lainnya. Untuk menikmati rasanya yang manis dan legit, jenis pisang ini memang harus diolah terlebih dahulu, ya seperti diambil bahan kolak misalnya. Pisang tanduk dan pisang agung memiliki bentuk yang sama, jadi agar tidak salah memilih bagian kulitnya.

Pisang tanduk penuh dengan kulit hitam dan warna kulit agak kemerahan. Daging pisang ini akan berwarna putih kekuningan jika sudah matang. Sangat mudah membedakannya, bukan?

4. Pisang Uli

Pisang uli sebenarnya cocok untuk segala masakan, entah itu digoreng, dikukus, atau dipanggang. Rasanya yang manis selain enak juga kalau dimakan langsung. Teksturnya kuat dan tidak mudah lembek memang pas dijadikan bahan kolak.

5. Pisang Raja

Pisang ini sebenarnya tidak sangat disetujui untuk dibuat karena mudah didapat luntur saat disiapkan. Namun, jika di rumah sulit untuk mencari jenis pisang lain, sebaiknya Anda mengkukus pisang raja terlebih dahulu agar getahnya berkurang dan tidak mengubah warna kolak menjadi sedikit kebiruan.


Ternyata ada banyak jenis pisang yang bisa dibuat kolak, ya? Agar kolak yang dibuat menjadi lebih enak, perlu untuk menggunakan pisang yang memang sudah dimasak. Pisang yang masih muda akan terasa keras dan memiliki rasa asam.


Sumber:https://resepkoki.id/aneka-jenis-pisang-yang-cocok-untuk-kolak/

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Aneka Jenis Pisang yang Cocok untuk Kolak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel