3 Tips Mudah Mengolah Buntut Sapi Lezat dan Empuk

Sama seperti daging, buntut sapi juga bisa diolah dengan berbagai cara. Yang paling populer memang sop buntut. Namun, ada banyak cara lain yang mudah untuk mengolah buntut sapi menjadi lezat.

1. Pengolahan rebus



Untuk mengolah buntut sapi dengan cara direbus, pertama anda harus membersihkan buntut sapi terlebih dahulu. Buntut sapi dibersihkan ini bertujuan untuk menghilangkan lemak-lemak yang berlebih. Cara membersihkan buntut sapi cukup mudah. Gosok-gosok perlahan buntut sapi di bawah air mengalir. Kemudian, bersihkan lemak yang masih tertinggal menggunakan pisau.

Buntut sapi yang sudah bersih, siap untuk direbus. Buntut perlu direbus sebanyak 2 kali, yang pertama untuk menghilangkan bau prengus dan yang kedua untuk diolah. Rebusan yang pertama, buntut dimasukkan ke dalam air mendidih berisi daun salam dan jahe. Rebus selama 15 menit dan buang air rebusannya. Lalu, didihkan kembali air yang baru, masukkan buntut, dan masak bersama bumbu-bumbu sesuai resep hingga empuk.

Mengolah buntut sapi dengan cara direbus memang paling mudah dan populer. Dengan merebusnya, buntut sapi bisa anda olah menjadi sop dan pindang. Untuk membuat sop buntut, bumbu dasarnya sama saja dengan sop ayam dan sop daging. Yang membuat beda adalah tambahan pala, cengkeh, dan kayu manis, sehingga aromanya harum sekali.

2. Pengolahan goreng


Buntut sapi yang akan diolah dengan digoreng, tentu perlu untuk dibersihkan juga. Cara membersihkannya sama dengan yang akan direbus: di bawah air mengalir dan membuang lemak tertinggal menggunakan pisau. Setelah bersih, buntut direbus terlebih dulu hingga empuk. Tambahkan jahe dan daun salam dalam rebusannya untuk membantu menghilangkan bau prengus.

Jika ingin membuat buntut sapi goreng terasa lebih lezat, anda bisa mengungkepnya bersama bumbu dan rempah terlebih dahulu. Jadi, setelah direbus untuk menghilangkan bau, buang airnya dan rebus kembali bersama air baru serta bumbu ungkep. Rebus hingga air meresap dan buntut empuk, lalu goreng sebentar dalam minyak panas.

Buntut yang sudah digoreng ini bisa langsung anda santap dengan nasi hangat dan sambal, dijadikan bersama sop sayur, atau lalapan seperti penyetan juga tak kalah enak!

3. Pengolahan bakar

Sama seperti mengolah dengan cara digoreng, buntut sapi yang akan dibakar pun sebaiknya direbus dulu supaya empuk. Buntut direbus di dalam air mendidih, kemudian tambahkan jahe dan daun salam supaya bau prengusnya tidak tertinggal. Rebus hingga empuk, angkat, dan tiriskan dari kuahnya.

Setelah cukup dingin, rendam buntut sapi di dalam bumbu-bumbu sesuai resep. Biasanya, untuk buntut bakar, bumbu rendamannya terbuat dari bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan, kecap manis, saus tiram, dan lada. Rendam buntut selama 10-15 menit.


Buntut sapi bisa anda bakar di atas api langsung atau di atas kompor menggunakan wajan anti lengket. Selama di bakar, oleskan sisa bumbu rendaman yang telah ditambahkan margarin ke atas buntut sapi. Bakar hingga kedua sisinya matang. Buntut sapi bakar ini biasa disantap dengan pendamping sop sayur. Tapi, jika anda menyantapnya langsung dengan nasi hangat pun rasa manisnya tetap terasa lezat.

Sumber:https://resepkoki.id/3-cara-mengolah-buntut-sapi-empuk/

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Mudah Mengolah Buntut Sapi Lezat dan Empuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel