4 Tips Mengulek Sambal dan Bumbu dengan Mudah

Kalau anda masih berpikir bahwa mengulek itu bikin tangan pegal dan hasil yang tidak sesuai harapan. Mungkin ada yang salah dengan cara mengulek anda selama ini. Jika langkah dan tekniknya benar, mengulek akan jadi lebih mudah, lho.

1. Potong-potong bahan terlebih dahulu

Tidak jarang orang mengulek bahan-bahan sambal dan bumbu secara utuh. Saya pun dulu begitu. Cara ini tidak salah. Namun, cenderung lebih menyulitkan anda untuk mengulek dan hasil ulekannya pun kasar tak beraturan.

Untuk menghasilkan sambal dan bumbu yang halus, potonglah bahan-bahan terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu kecil. Misalnya, cabai merah bisa dibagi jadi 4 atau bawang merah dan bawang putih diiris tipis dulu. Ini akan memudahkan anda dalam menguleknya, bahan tidak akan lompat-lompat keluar cobek, dan hasil ulekannya lebih halus.

2. Ulek bahan satu per satu mulai dari yang bertekstur keras

Setelah semua bahan dipotong, jangan langsung menaruh semuanya di atas cobek dan diulek bersamaan. Cobek akan penuh dan semakin menyulitkan untuk menguleknya.

Masukkan dan ulek bahan satu per satu dimulai dari yang teksturnya paling keras. Untuk membuat sambal, anda bisa mulai dari mengulek cabai. Sedangkan untuk bumbu, bisa dimulai dengan mengulek kemiri, jahe, ketumbar, atau merica butir yang teksturnya cukup keras. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengulek bahan yang semakin ringan. Seperti bawang putih, bawang merah, atau tomat.

3. Jangan lupakan garam

Tidak sekadar memberikan rasa asin, garam ternyata juga lebih memudahkan anda saat mengulek. Garam memiliki tekstur yang lebih kasar dari bahan dan bumbu, serta membantu kandungan air keluar dari bahan. Sehingga bahan-bahan akan lebih mudah lumat saat diulek.

Gunakan garam sedikit saja, sesuai kebutuhan supaya rasa yang dihasilkan tidak terlalu asin. Yang penting, jangan lupakan penggunaannya saat mengulek.

4. Ulek dengan gerakan menggerus atau menggilas

Mengulek seringkali disalahartikan jadi menumbuk. Makanya, banyak orang yang mengulek sambal atau bumbu dengan cara menumbuk-numbuk bahan-bahannya saja. Tidak heran kalau hasil sambal atau bumbunya kasar. Belum lagi, bahan-bahan di dalam cobek akan mudah ‘loncat’ kalau ditumbuk.


Mengulek yang benar dilakukan dengan gerakan menggerus atau menggilas. Bahan hanya ditumbuk sekali atau dua kali hingga memar, kemudian ditekan sambil melakukan gerakan seperti mendorong. Gerakan menekan dan mendorong inilah yang harus dilakukan secara berulang-ulang supaya hasil ulekan menjadi halus.

Sumber:https://resepkoki.id/4-cara-mengulek-sambal-dan-bumbu-mudah/

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Mengulek Sambal dan Bumbu dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel