5 Macam Resep Kacang Tanah yang Mudah Dibuat Jadi Cemilan



Diantara semua cemilan, saya paling suka kacang. Selain renyah, kacang juga bisa diolah menjadi cemilan manis maupun asin. Sebut saja kacang telur, kacang disko, hingga kue kacang. Semuanya lezat!

1. Kacang Bawang

Camilan kacang paling sering ditemui adalah kacang bawang. Cemilan ini bercita rasa khas bawang putih yang lezat dan wangi. Selain enak, bikinnya pun sama sekali tidak sulit.

Didihan santan, bawang putih halus, gula, dan garam. Kemudian rendam kacang ke dalam campuran. Tunggu hingga santan meresap dan tiriskan. Setelah itu, goreng kacang dan bawang putih dengan wajan yang berbeda. Saat sudah matang, baru dicampurkan dan disimpan dalam wadah kedap udara

2. Kacang Telur

Sesuai dengan namanya, kacang ini dibalut dengan adonan telur. Warnanya coklat dan cenderung gelap. Cita rasanya gurih, manis dan renyah. Benar-benar khas, lho!

Pertama, sangrai kacang tanah hingga ¾ matang. Lalu, masukkan dalam wadah. Masukkan juga telur, bawang putih, gula halus, dan garam. Aduk hingga merata.

Sementara itu, buat campuran tepung terigu dan tepung tapioka dalam wadah. Kemudian, masukkan kacang dan aduk hingga kacang tertutup rata. Terakhir, goreng dengan api sedang-kecil. Kacang telur kini siap disantap!

3. Kacang Disko



Kacang disko bukan berarti kerlap-kerlip, ya. Kacang ini merupakan kacang tanah goreng berbalut adonan tepung. Bentuknya yang keriting dan tekstur yang krispi, bikin kacang ini dijuluki kacang disko.

Pertama, mixer putih telur dan garam hingga berbusa. Kemudian, tambahkan gula hingga adonan mengembang. Lalu, masukkan kacang, bawang putih halus, tepung terigu dan tapioka dan campur hingga rata. Setelah itu, goreng kacang secukupnya sambil diaduk agar kacang tidak menggumpal. Siap untuk berdisko dengan kacang ini?

4. Rempeyek Kacang Tanah



Selain teman setia saat makan pecel, rempeyek kacang tanah juga bisa dijadikan cemilan.  Tekstur peyek enak, renyah, dan sedap dengan irisan halus daun jeruk.

Tepung beras, tepung maizena, telur, daun jeruk, air, dan bumbu halus dimasukkan ke dalam wadah dan aduk merata. Kemudian, ambil satu sendok sayur adonan, beri kacang secukupnya lalu tuang ke pinggir wajan. Siram sisi adonan dengan minyak, biarkan hingga matang. Ingat, jangan sampai gosong!

5. Kue Kacang



Manis, renyah, dan harum! Itulah daya tarik kue yang satu ini. Bentuknya pun bisa didesain sesuka hati. Tentunya, semakin kreatif akan semakin menarik pula. Tapi, membuat kue kacang memang terkenal susah-gampang.

Campur tepung terigu, gula halus, garam, vanili, dan pasta kacang. Aduk hingga adonan rata serta terlihat lembek. Lalu, tutup adonan dengan plastic wrap atau kain dan diamkan 2 jam. Setelah itu, bentuk adonan sesuai selera. Sebaiknya tetap pipih, ya! Olesi bagian atas dengan kuning telur dan taburi kacang kasar. Panggang selama 20-25 menit dengan suhu 170°C.


Sumber:https://www.resepkoki.id/5-aneka-cemilan-dari-kacang-tanah-yang-mudah-dibuat/

Belum ada Komentar untuk "5 Macam Resep Kacang Tanah yang Mudah Dibuat Jadi Cemilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel