6 Cara Menyeduh Kopi yang Enak



Sebelum menyeduh saya mencari banyak referensi agar kopi seduhan seenak di cofee shop. Berikut tips menyeduh kopi yang enak dan harum.

1. Pilih Kopi yang Segar

Seduhan kopi yang enak pasti tergantung dengan kopi yang digunakan. Untuk mendapatkan kopi yang enak, pilihlah biji kopi yang segar yang baru digiling.

Setelah mendapatkan kopi yang baru digiling, pastikan simpan kopi dengan benar. Simpan dalam wadah kedap udara seperti toples kaca dengan tutup karet. Beli kopi dengan jumlah kecil dan dihabiskan dalam waktu 7 hari agar kopi tetap segar.

2. Takaran Kopi yang Tepat

Takaran kopi harus diperhatikan saat menyeduh kopi. Kalau salah, rasa kopi tidak akan optimal. Kopi yang sedikit akan menyebabkan rasa pahit. Kalau terlalu banyak juga akan mengakibatkan bubuk tidak terekstraksi dengan sempurna dan rasa kopi tidak muncul.

Untuk mendapatkan kopi yang pas, gunakan takaran 1:15 atau 1:18 kopi dengan airnya. Dengan takaran yang pas kopi akan menghasilkan rasa yang pas dan aroma yang kaya.

3. Gunakan Air Bersih

Air merupakan elemen terpenting dalam menyeduh kopi. Gunakan air yang segar untuk menyeduh kopi. Air kran dapat digunakan selama berkualitas bagus atau air mineral dalam kemasan. Air bermineral akan bereaksi dengan kopi dalam mengeluarkan rasanya.

4. Gunakan Air dengan Suhu 90-96 °C

Suhu air yang ideal saat menyeduh kopi adalah 90-96 °C. Dengan suhu ini kopi akan terekstrak dengan optimal. Kalau suhu yang digunakan terlalu tinggi, rasa kopi akan menurun bahkan menghilang. Sedangkan kalau suhu yang digunakan terlalu rendah rasa kopi akan terasa datar.

5. Seduh Kopi Selama 4 Menit

Lama seduh kopi akan mempengaruhi rasa kopi. Waktu terbaiknya adalah 4 menit setelah kopi dan air tercampur. Kalau menyeduh kopi dengan plunger pot waktu idealnya adalah 2-4 menit. Sedangkan untuk jenis espresso hanya 20-30 detik.

Kalau rasa kopi kurang optimal, kemungkinan waktu campur kopi dengan air panas terlalu cepat atau terlalu lama.

6. Gunakan Cangkir atau Mug

Supaya temperatur kopi terjaga dan bisa bertahan lebih lama, gunakan cangkir kopi atau mug. Kalau kopi sudah dingin sebaiknya jangan memanaskan ulang kopi. Kalau kopi sudah dingin, nikmati saja. Kalau tidak rasa kopi akan menurun dan memudar.


Sumber:https://www.resepkoki.id/6-tips-menyeduh-kopi-yang-enak/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Menyeduh Kopi yang Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel