Cara Membuat Udang Tempura Yang Renyah


Tempura adalah Jenis makanan gorengan yang  dicelup dengan tepung. Tempura berasal dari Jepang. Di Indonesia tempura bukan hidangan yang asing lagi. Hampir di setiap sudut kota Jakarta dan kota besar lainnya banyak resto dan gerai yang menyajikan masakan jepang menyediakan tempura. Bahan dasar tempura biasanya seafood dan aneka jenis sayur. Seafood biasanya udang, jenis sayuran untuk tempura ada terong, ubi, kabocha, buncis, kapri, aneka jamur, paprika, bawang Bombay, wortel, jagung dan brokoli.

Penampilan hidangan tempura unik karena menggunakan tehnik khusus dalam menggorengnya. Rasa kulit luar yang renyah dan juicy di dalam, membuat tempura ini banyak penggemarnya. Hidangan tempura biasa disajikan dengan aneka jenis saus dari Jepang, sungguh nikmat untuk cemilan ataupun lauk yang disantap dengan nasi, udon dan soba.

Ada banyak trik yang dilakukan untuk menghasilkan udang tempura yang renyah dengan penampilan yang menggoda. Dimulai dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat dan masih segar. Udang yang masih segar kupas kulitnya sisakan ekornya, bersihkan kotoran udang dengan menyayat punggung udang, mencuci bersih, mengerat bagian perut agar bentuk udang lurus dan tidak melengkung, meniriskan. Lumuri udang dengan campuran garam, merica bubuk dan air jeruk lemon diamkan selama 15 menit.

Siapkan bahan pencelup berupa tepung terigu, baking powder, garam yang telah diayak. Siapkan air es yang telah di campur dengan kuning telur. Tuang ke dalam campuran tepung, aduk dengan menggunakan sumpit perlahan-lahan dan jangan overmix, cukup sepuluh kali pengadukan saja. Pengadukan yang terlalu sering menyebabkan kulit tempura tidak renyah. Adonan pencelup jangan terlalu encer atau terlalu kental. Pertahankan adonan tepung tempura selalu dalam keadaan dingin. Siapkan wadah yang lebih besar dari wadah adonan, tambahkan es di dalam baskom letakan wadah adonan di dalamnya. Perbedaan suhu adonan yang dingin dengan minyak yang panas menyebabkan tebentuknya kerenyahan kulit tempura.


Siapkan wajan dengan minyak yang banyak, jangan menggunakan minyak yang bekas pakai supaya hasilnya lebih menarik. Taburkan tepung maizena diatas udang, celupkan udang ke dalam adonan tepung dengan bantuan sumpit. Goreng udang dalam minyak yang telah dipanaskan diatas api sedang sambil adonan tepung diciprat-cipratkan disisi penggorengan. Tuang sedikit adonan tepung diatas udang lalu kumpulkan remahan adonan pada bagian udang hingga menempel. Goreng sampai matang dan kuning keemasan. Segera sajikan hangat untuk menikmati sensasi kerenyahan udang tempura. Memang pembuatannya membutuhkan ketelatenan dan cermat dalam pengadukan dan penggorengan, siapa pun pasti bisa membuat Udang tempura.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/cara-membuat-udang-tempura-yang-renyah.html

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Udang Tempura Yang Renyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel