Mengupas Kulit Udang Dengan Cepat Dan Mudah


Udang adalah jenis seafood yang paling mudah ditemui dan dijual dengan berbagai ukuran, semakin besar ukurannya kulit udang semakin tebal. Udang merupakan seafood yang tinggi protein. Udang banyak jenisnya, salah satunya yang biasa dijumpai dipasar tradisional atau supermarket adalah udang jerbung, udang peci dan udang galah. Biasanya diolah menjadi berbagai macam hidangan masakan yang lezat. Selain menjadi bahan utama masakan, udang juga banyak disajikan untuk isian aneka kudapan, ada yang masih utuh ada juga yang dicincang untuk campuran aneka dimsum.

Ada yang mengolah udang dengan menggunakan kulit udang dan ada pula yang lebih suka menyajikan udang dengan dikupas kulitnya sehingga penggemar udang lebih mudah untuk menikmatinya. Sebagian pembeli menganggap mengupas udang itu tidaklah mudah apalagi yang tidak terbiasa. Udang memiliki tekstur daging yang lembut untuk mengupas kulitnya memerlukan tehnik yang tepat, jika tidak justru dapat membuat udang mudah hancur saat mengolahnya.

Tips mengupas kulit udang dengan cepat dan mudah adalah pertama kita perhatikan adalah sebaiknya pilihlah udang yang masih segar dan pastikan udang berbau amis khas udang bukan berbau busuk. Sebelum mengupas kulit udang, cuci bersih udang. Ambil udang, posisikan punggung udang diatas, pegang badan udang patahkan kepala udang dan menariknya kearah bawah. Ambil bagian kaki udang dengan jempol dan jari telunjuk tarik kulit udang ke bagian atas secara perlahan-lahan. Lakukan sampai sisakan setengah ruas dan ekor kudang. Untuk mempermudah ketika mencelup udang ke dalam adonan dan menggorengnya. Jika ingin mengupas ekornya, tinggal mencubit bagian ekor lalu menarik dan mencabutnya. Sayat punggung udang dengan menggunakan pisau yang tajam, buang kotoran udang dengan cara menariknya. Kulit udang jangan dibuang, bersihkan, tiriskan simpan dalam wadah kedap udara dan siap untuk diolah menjadi kaldu yang segar dan gurih. Pada umumnya tips mengupas udang dengan cara ini yang sering dilakukan.

Tips yang kedua dengan menggunakan gunting. Patahkan kepala udang terlebih dulu, gunting kulit punggung udang. Kupas kulitnya dengan cara menarik kulit udang hingga kaki udang. Sisakan ekornya. Bersihkan kotoran udang.


Cuci bersih kembali udang yang telah dikupas. Udang siap untuk diolah menjadi aneka hidangan yang nikmat. Setelah mengetahui teknik dan cara mengupas kulit udang yang benar , ternyata mudah bukan. Sekarang mulailah dengan mgupas kulit udang sendiri.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/mengupas-kulit-udang-dengan-cepat-dan-mudah.html

Belum ada Komentar untuk "Mengupas Kulit Udang Dengan Cepat Dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel