Tips Memasak Dengan Santan

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dan kreatif menggunakan santan dalam menu masakannya. Apalagi dalam bulan puasa, santan hampir digunakan untuk segala jenis masakan, bahan buka puasa, dan kue nikmat menyambut lebaran.

Selain memperkuat cita rasa dan aroma, masakan bersantan juga memberi manfaat kesehatan yang baik. Santan bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula darah, juga membantu dalam mengontrol berat badan Anda karena memberi sensasi cepat merasa kenyang. Santan sering dicap buruk karena kandungan lemaknya yang tinggi. Oleh karena itu saat memasak, Anda harus menyeimbangkannya dengan menambah air jeruk nipis atau beberapa butir lada hitam.

Jika ingin membuat santan sendiri, caranya juga sangat mudah. Siapkan daging kelapa cukup tua yang sesuai untuk kebutuhan. Lalu parut dengan posisi menyamping. Campurkan hasil parutan kepala dengan air hangat, peras dan saring campuran parutan kelapa di wadah lainnya. Anda bisa menggunakan santan segera setelah diperas atau simpan dalam kondisi beku dalam lemari es selama 3-4 hari. Jika ingin memakai santan beku, keluarkan dari freezer, diamkan sampai sesuai dengan suhu ruangan, masak seperti biasa.

Dalam resep masakan Indonesia yang sering dibuat, ada dua jenis santan yang biasa digunakan, yaitu santan kental dan santan encer. Untuk membuat santan kental, ambil perasan kelapa yang pertama dan kedua. Sedangkan santan encer didapat dari perasan kelapa selanjutnya yang cairannya lebih bening.

Jika Anda ingin memasak dengan santan kental dan santan encer dalam satu resep masakan, sebaiknya masukkan santan encer terlebuh dahulu. Kemudian masukkan bumbu dan bahan masakan lainnya agar lebih meresap. Setelah semua bahan telah dicampurkan dan merata, masukkan santan kental ke dalam masakan sambil diaduk perlahan.

Untuk mencegah santan pecah saat dimasak, jangan biarkan di atas api terlalu lama. Rebus santan dengan api kecil sampai sedang agar tidak mendidih dengan cepat. Sebaiknya aduk terus menerus santan dalam masakan Anda. Namun, jika tidak ingin mengaduk santan, masukkan selembar daun pisang berukuran kecil ke dalam santan, lalu panaskan santan dengan api kecil hingga mendidih.


Karena santan tinggi kalori dan mengandung banyak lemak, sebaiknya santan digunakan dengan porsi sesedikit mungkin dan dikonsumsi jarang-jarang.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-memasak-dengan-santan.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Memasak Dengan Santan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel