Tips Memasak Sayuran Tetap Sehat


Mengonsumsi cukup sayuran setiap hari berarti Anda memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral harian untuk tubuh. Namun, seringkali Anda tidak menyadari telah memasak sayuran dengan cara yang salah sehingga kehilangan semua nutrisi di dalamnya. Tahukah Anda, panas dapat memecah dan menghancurkan 15 sampai 20 persen dari beberapa vitamin dalam sayuran?

Nah, agar bisa tetap menjaga kandungan nutrisi dalam sayuran, yuk baca dulu tips dan trik berikut ini:

Menumis sayuran

Sebelum menumis sayuran, cuci dan potong-potong sayuran seukuran satu kali gigitan sehingga lebih mudah dimasak. Kemudian panaskan wajan di atas api yang besar. Tambahkan minyak. Tunggu sampai minyak panas lalu masukkan sayuran. Waktu memasak tergantung pada seempuk apa sayuran sesuai dengan yang Anda inginkan.

Merebus sayuran

Merebus merupakan cara yang cepat, dan mudah. Yang dibutuhkan hanyalah air dan sedikit garam. Namun panas dan banyaknya air dapat melarutkan vitamin dalam air dan 60 sampai 70 persen dari mineral dari beberapa sayuran. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya merebus bisa menjadi cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi dalam wortel, mentimun Jepang dan brokoli, bila dibandingkan dengan mengukus, menggoreng, atau memakannya mentah.

Memanggang sayuran

Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal tanpa mengorbankan rasa, memanggang merupakan pilihan terbaik. Manfaatkan panggangan ikan untuk memanggang sayuran favorit Anda. Jepit sayuran di atas api dan kemudian bolak-balik agar bisa matang secara merata. Jika tidak demikian, masukkan sayuran ke dalam keranjang pemanggang di atas api. Pastikan makanan tidak gosong atau terlalu matang. Jangan lupa bersihkan alat pemanggang setiap kali sehabis memakainya agar tak beracun untuk masakan selanjutnya.


Nah, setelah mengetahui beberapa cara memasak sayuran yang benar, maka Anda bisa menjaga nutrisinya agar tetap sarat dengan gizi saat dimakan.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-memasak-sayuran-tetap-sehat.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Memasak Sayuran Tetap Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel