Tips Mengolah Ayam yang Sehat dan Lezat


mengolah_ayam_yang_sehat_dan_lezat_main.jpg
Masakan berbahan ayam sangat disukai oleh masyarakat. Dagingnya yang mudah empuk, rasanya juga sangat enak ketika disantap. Mengonsumsi daging ayam juga bermanfaat untuk tubuh, seperti membantu membangun massa otot, menguatkan tulang, dan meningkatkan nafsu makan.

Nah, Anda bisa memaksimalkan manfaat kesehatan ayam dengan menggunakan metode memasak yang sehat, rendah lemak dan rendah kalori seperti contoh berikut ini:

Menggunakan alat pemanggang

Jika dilakukan dengan benar, ayam panggang tidak hanya sehat tapi empuk dan beraroma. Steven Raichlen, penulis buku "How to Grill" memberitahu bahwa kunci untuk memanggang ayam yang lezat adalah merendam daging terlebih dahulu dalam bumbu baru dimasak dalam alat pemanggang.

Agar ayam matangnya merata, panggang ayam dalam oven dengan suhu 230 derajat celcius selama 15 menit. Lalu turunkan ke 190 derajat celcius selama sisa waktu pemanggangan. Diamkan beberapa saat, lalu gunakan thermometer daging pada paha ayam, bila suhunya telah turun sekitar 75 derajat celcius, berarti ayam telah matang.

Memanggang dengan oven

Marion Nestle, seorang profesor dari New York University dan ahli gizi, mengatakan bahwa memanggang dengan oven merupakan cara terbaik dan tersehat untuk memasak ayam. Marion menyarankan untuk mengolesi permukaan daging ayam dengan minyak zaitun, dan olesan bumbu. Setelah bumbu meresap, panggang daging ayam pada suhu 190 derajat celcius selama 30 menit. Pastikan ayam dikelilingi dengan potongan sayuran seperti kentang atau wortel, beberapa siung bawang putih utuh atau irisan lemon. Untuk mengurangi lemak pada ayam, buang kulit ayam sebelum dipanggang.

Memasak di atas kompor


Metode lain memasak ayam beraroma, sekaligus mengurangi kadar lemak adalah dengan memasak daging ayam dicampur dengan kaldu dan sayuran. Biasanya bagian ayam yang dimasak adalah paha ayam bukannya dada. Paha memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dada, dan menjadi sangat lembut ketika dimasak dengan cara ini. Buang kulit ayam terlebih dahulu sebelum memasaknya. Sayuran akan menambah rasa tidak hanya untuk kaldu, tetapi juga untuk ayam saat dimasak perlahan-lahan bersama-sama.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-mengolah-ayam-yang-sehat-dan-lezat.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengolah Ayam yang Sehat dan Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel