TIPS MUDAH MEMBERSIHKAN PANGGANGAN DENGAN BAWANG BOMBAY


Saat berkumpul dengan teman-teman, ataupun dengan keluarga besar, akan sangat menyenangkan bila kita akan mengadakan acara BBQ sendiri. Suasana kumpul pun jadi makin seru, sambil memanggang daging, ikan, dan lain-lain. Selain itu juga, makanan yang dipanggang bisa lebih sehat dan memiliki rasa khas yang sangat lezat. Makanan yang dimasak dengan cara dipanggang, biasanya
meninggalkan kotoran yang menempel pada celah-celah besi pemanggang. Hal ini terjadi karena bara api dapat menyebabkan bumbu atau saus yang digunakan menjadi hangus dan menghitam. Apabila tidak segera dibersihkan setelah digunakan, kotoran yang menempel pada panggangan akan lebih sulit untuk dibersihkan, terkadang kita juga merasa enggan membersihkan panggangan bekas pakai karena merasa jijik melihat kotoran hitam yang menempel tersebut.

Biasanya saat melakukan BBQ, kita menggunakan bahan pelengkap seperti bawang bombay untuk mempersedap rasa. Ternyata, bawang bombay ini mempunyai manfaat lain yaitu untuk membersihkan panggangan. Dilansir dari wikihow.com berikut ini adalah cara mudah membersihkan panggangan menggunakan bawang bombay.  Pertama-tama, sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

- 1 – 5 buah Bawang Bombay 
- Kain Lap 
- Air 
- Tusuk Sate 
- Pisau untuk membelah

Cara Membersihkan:

  1. Belah bawang bombay menjadi 2 bagian, lalu tusuk bagian tengah bawang bombay yang telah dibelah dengan tusuk sate. Usaplah kotoran yang menempel pada panggangan secara hati-hati, dengan bawang bombay hingga kotoran mengelupas dan menempel pada bawang bombay. Kemudian ambil lap yang sudah dibasahi dengan air, usap kembali panggangan menggunakan lap basah. Panggangan akan kembali bersih tanpa harus menyisakan kotoran yang menempel dan siap untuk disimpan kembali.



Cukup mudah bukan? Jika satu atau dua buah bawang bombay belum bisa mengangkat kotoran pada alat pemanggang, hangatkan kembali panggangan dengan api kecil, kemudian tambahkan bawang bombay, usap lagi hingga kotoran benar-benar hilang.

Sumber:https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-dapur/tips-mudah-membersihkan-panggangan-dengan-bawang-bombay

Belum ada Komentar untuk "TIPS MUDAH MEMBERSIHKAN PANGGANGAN DENGAN BAWANG BOMBAY"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel