4 Tips Membuat Pempek Yang Enak

Ada 4 tips yang akan Kami bagikan:

1. Gunakan ikan segar

Iwak, nama lain ikan bagi orang Palembang, adalah bahan utama dari pempek. Agar lebih nikmat, gunakan selalu ikan segar yang langsung disiangi dan digiling. Kita bisa membeli ikan di pasar tradisional terdekat. Memang harga ikan giling segar ini lebih mahal daripada ikan giling yang sudah dibekukan, namun justru kesegaran inilah yang membuat pempek tetap lezat tanpa tambahan bahan penyedap rasa.

2. Adonan yang pas

Takaran sagu yang pas akan membuat pempek tetap lembut di dalam dan tidak keras meskipun telah digoreng. Cara mengetahui takaran yang pas yaitu dari adonan yang kita buat sudah kalis atau tidak menempel di tangan. Tapi jangan sampai adonannya terlalu kalis hingga membuat pempeknya keras setelah digoreng.

Tips selanjutnya yaitu rebus adonan pempek dalam air mendidih yang sudah ditambahkan sedikit minyak goreng dan garam didalamnya, rebus hingga adonan mengapung. Namun ada pula jenis pempek tertentu, seperti pempek adaan dan kulit yang adonannya memang dibuat lebih lembek, daripada adonan pempek lenjer dan kapal selam yang cenderung kalis. Karena pembuatan adonan pempek adaan dan kulit tidak direbus terlebih dahulu, melainkan langsung di goreng.

Jangan lupa tambahkan telur diadonannya dan selalu langsung merebus atau menggoreng adonan pempeknya ya. Jangan disimpan untuk nanti adonan mentahnya, alias selalu buat fresh. Hal ini menjaga agar adonan tidak berubah struktur hingga menyebabkan pempek menjadi keras.

3. Memilih jenis ikan yang digunakan

Beda ikan, beda pula bau amis yang ditimbulkan. Ada beberapa jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat pempek, misalnya ikan tenggiri, gabus, dan kakap putih.

Jika kamu senang pempek yang berbau ‘ikan banget’, bisa gunakan ikan kakap yang cenderung tajam baunya. Agar lebih enak, ikan kakap bisa dicampur dengan ikan tenggiri.

Untuk ikan gabus yang terkenal tinggi albumin atau protein, bau ikan yang ditimbulkan cenderung kurang menyengat.

Sementara ikan tenggiri, harganya yang lumayan mahal membuat ikan ini jarang digunakan di tempat usaha pempek yang menjual pempeknya dengan harga murah. Namun ikan tenggiri ini justru membuat pempek enak yang bau amisnya tidak berlebih.

4. Kuah cuko yang enak

Makan pempek tanpa cuko itu rasanya kurang lengkap. Bahkan di Palembang, kuah cuko sering digunakan sebagai pengganti cabe rawit saat makan gorengan. Kebayang dong rasa cuko yang pedas asam manis itu? Wuih, bikin ngiler pokoknya! Tapi jangan salah, membuat cuko ini tidak semudah yang dibayangkan. Karena meskipun pempek yang kita makan enak, tapi kalau cuko-nya kurang enak, rasanya pasti langsung mengecewakan. Lagi-lagi takaran yang pas menjadi kunci membuat cuko yang enak. Penggunaan bahan baku seperti gula merah berkualitas baik pun akan mempengaruhi rasa cuko tersebut. Maka dari itu, saya berikan bonus resep untuk membuat cuko yang pas.

Bahan: 
  • 1 kg Gula Merah
  • 1,5 liter Air
  • 100 gram Bawang Putih, haluskan
  • 100 gram Cabe Rawit Hijau, haluskan
  • Secukupnya Cuka Putih
  • Secukupnya Garam

Cara Membuat: 
  1. Didihkan gula merah dengan air yang sudah disiapkan. Aduk hingga bercampur rata. Angkat dari kompor, saring dan dinginkan. Sisihkan
  2. Ambil 1 gelas gula merah cair di atas. Didihkan bersama bawang putih halus hingga wangi. Masukkan cabe rawit halus. Aduk-aduk hingga mendidih. Angkat.
  3. Tambahkan campuran di atas ke dalam gula merah cair. Aduk hingga merata. Tambahkan garam dan cuka putih secukupnya. Sesuaikan rasanya.


Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membuat pempek yang enak? Silahkan langsung dibuat di rumah dan sajikan selagi hangat di pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Tenang, meskipun dimakan di pagi hari, pempek tidak akan membuat sakit perut asalkan cukonya tidak terlalu pedas. Bahkan orang palembang asli biasanya makan pempek sebagai sarapan, lho.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-membuat-pempek-yang-enak/

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Membuat Pempek Yang Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel