5 Tips Ketika Akan Menyimpan Sisa Makanan Agar Tahan Lama


Suka ngerasa sedih nggak sih kalau makanan yang kita buat berakhir sia-sia di tong sampah karena nggak habis dan basi? Padahal sudah susah-susah bikin, tapi ujung-ujungnya malah mubadzir. Sementara kalau masaknya dikurangi, takut nggak cukup. Alhasil harus masak lagi dan kerjaan jadi double. Jadi serbasalah, ya.

Tapi jangan khawatir, kamu ternyata bisa banget menyiasatinya dengan tips menyimpan sisa masakan di kulkas agar tahan lama di bawah ini. Dijamin deh, setelah ini kebingungan kamu bakalan terjawab tuntas!

1. Hangatkan makanan sebelum disimpan

Ayo, siapa di sini yang suka males memanaskan makanan sebelum disimpan? Pantes aja makanannya cepat basi. Guys, manasin makanan sebelum disimpan itu penting banget ya. Untuk masakan berkuah, pastikan memanaskannya sampai mendidih. Sedangkan untuk makanan berbumbu kental, tambahkan sedikit air dan tunggu sampai air tersebut mendidih dan sedikit surut.

2. Jangan tutup makanan saat masih panas

Menutup makanan saat masih panas akan menimbulkan uap air yang ujung-ujungnya bisa masuk ke dalam makanan. Hal ini akan menyebabkan makanan yang disimpan cepat basi. Pastikan makanan yang kamu panaskan tadi sudah benar-benar dingin sebelum ditutup ya.

3. Simpan dalam wadah kedap udara

Memilih wadah kedap udara pastinya bakal bikin makanan kamu lebih aman dan terlindungi dengan maksimal, dari bakteri dan kuman yang bisa mengkontaminasi makanan kamu menjadi cepat rusak. Gak perlu khawatir bila tidak punya wadah tertutup atau wadah kedap udara ini, kamu bisa beli plastik lentur wrapping sekali pakai. Harganya cukup terjangkau dan bisa kamu dapatkan di mana-mana. Kalau gak ada dua-duanya, pakai cara sederhana ini deh. Tutup dengan plastik es atau plastik bening lalu ikat mulut piring, mangkok, atau wadahnya dengan karet. Voilla!

4. Hindari menyimpan makanan di luar ruangan

Ternyata, meskipun sudah dihangatkan dan disimpan dalam wadah kedap udara, makanan kamu tetap belum benar-benar aman lho. Jangan pernah menyimpan makanan tersebut di luar ruangan ya, karena rentan terkontaminasi. Sebaiknya langsung simpan makanan di dalam kulkas agar lebih tahan lama. Pastikan juga kulkas kamu nggak penuh sesak oleh makanan lain, berikan ruang pada wadah makanan kamu. Sirkulasi udara yang baik akan membuat makanan lebih tahan lama.

5. Hindari menyentuh makanan di tempat penyimpanan


Ini sih kebiasaan si tukang laper yang suka mencari target di dalam kulkas. Jangan sekali-sekali mencomot, menyendok atau mengaduk makanan dingin yang sudah masuk kulkas. Nanti bisa-bisa makanan kamu jadi cepat basi dan biasanya masakan ini bila dipanaskan keesokan harinya maka tidak akan selezat aslinya. Bahkan seringnya sudah terlanjur basi. Jika kamu memang ingin makan, sebaiknya sekaligus ambil semua dan jangan lupa untuk dihangatkan kembali, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-ketika-akan-menyimpan-sisa-makanan-agar-tahan-lama/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Ketika Akan Menyimpan Sisa Makanan Agar Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel