4 Tips Langkah Mudah Mengolah Kerang


Sebelum mengolah kerang, perhatikan tips di bawah ini, ya.

1. Kenali jenis kerang

Banyak jenis kerang yang dapat dikonsumsi misalnya kerang dara & kerang hijau. Kerang dara adalah kerang yang memiliki cangkang yang keras dan berbentuk bulat kecil seperti kerikil. Sedangkan kerang hijau memiliki cangkang yang lebih lunak daripada kerang dara, berwarna kehijauan, namun ukuran cangkangnya lebih lebar dan gepeng. Kerang dara biasanya dijual dalam dua pilihan yaitu bercangkang atau dagingnya saja, sedangkan kerang hijau dijual bercangkang.

2. Pilihlah kerang yang masih segar

Kerang yang masih segar dapat dikenali dari baunya yang tidak amis, tidak berlendir, daging kerang tidak berubah warna & cangkang kerangnya tertutup. Kalaupun cangkangnya terbuka, perhatikan daging kerang yang masih menempel di dalamnya, haruslah tidak lembek dan berlendir. Jika membeli kerang yang sudah dikupas (tidak bercangkang), agar terhindar dari bahan pewarna pilihlah kerang yang warna dagingnya tidak terlalu mencolok namun tidak terlalu pucat. Karena saat ini marak dijual daging kerang yang terlihat sangat segar dan memiliki warna mencolok. Padahal kerang tersebut sudah diberi bahan pewarna.

Setelah kita membeli kerang, segera cuci kerang di dalam saringan dengan air mengalir hingga bersih. Jangan lupa menyikat kulit kerang agar benar-benar bersih dan terhindar dari kerikil kecil saat dimasak nanti. Setelah dicuci bersih, beri taburan garam dan perasan jeruk lemon agar tidak amis. Jika tidak langsung dimasak, setelah kerang diberi perasan jeruk lemon, cuci bersih kembali kerang lalu masukkan ke dalam wadah tertutup & simpan di dalam freezer.

3. Teknik pemasakan

Kerang dapat dimasak dengan berbagai cara misalnya direbus dan ditumis. Saat kita memasak kerang yang masih bercangkang, hindari memasak hingga terlalu matang dan lama. Jika tidak, cangkangnya akan sulit dibuka. Masaklah kerang dengan api sedang agar daging kerang matang merata dan tidak cepat alot. Ada pula beberapa jenis kerang yang bisa langsung dimakan mentah, tapi benar-benar pastikan kerangnya segar, ya!

4. Beri tambahan saus atau bumbu


Ada banyak saus atau bumbu yang dapat digunakan untuk menambah cita rasa kerang. Kamu bisa memilih saus tiram untuk menghasilkan rasa khas seafood. Jika suka pedas, kerang dimasak saus padang dengan gilingan cabe merah berlimpah ini bisa dicoba. Nah, untuk yang tidak suka pedas, kerang saus mentega dengan tambahan perasan jeruk lemon bisa menjadi alternatif. Untuk rasa original bisa juga memasak kerang tumis dengan cacahan bawang, cabe rawit & daun bawang.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-langkah-mudah-mengolah-kerang/

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Langkah Mudah Mengolah Kerang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel