5 Cara Hangatkan Sayuran Beku Sebelum Digunakan dalam Masakan


Praktis adalah kelebihan utama dari frozen vegetables. Sayuran sudah dalam keadaan matang sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk mengolahnya. Misalnya saat saya akan membuat nasi goreng, atau membuat tumisan, tinggal keluarkan saja frozen vegetables dari freezer. Tidak ada lagi keribetan karena harus mencuci dan memotong sayuran terlebih dahulu. Jadi waktu saya pun tidak terbuang terlalu banyak.

Berbeda dengan jenis sayuran segar yang bisa langsung dimasak atau diolah, frozen vegetables ini perlu sedikit perlakuan khusus sebelum dicemplungkan dalam masakan. Berikut caranya.

1. Hindari meletakkannya di suhu ruangan

Mungkin bagi anda yang belum tahu bagaimana cara menghangatkan frozen vegetables, anda akan berpikir untuk menyimpannya di suhu ruangan agar cepat mencair. Hal ini sebaiknya dihindari karena frozen vegetables akan dihinggapi oleh kuman sehingga rentan busuk atau rusak. Rasa dan tekstur yang dihasilkan sayuran pun akan berubah.

2. Pindahkan ke dalam chiller

Daripada menyimpannya di suhu ruangan, akan lebih baik anda memindahkan frozen vegetables ke dalam chiller. Cara ini memang akan membuat frozen vegetables anda meleleh sedikit lebih lama tapi bisa menghindari bakteri untuk hinggap dan berkembang biak.

3. Rebus

Salah satu cara termudah untuk mengolah frozen vegetables adalah dengan merebusnya. Didihkan air lalu masukkan sayuran yang ingin anda hangatkan. Rebus sebentar saja sampai sayuran empuk dan suhunya normal. Angkat sayuran dan tiriskan sampai air benar-benar surut.

4. Kukus

Jika anda khawatir merebus akan menghilangkan lebih banyak kandungan vitaminnya, maka cobalah untuk mengukusnya. Pastikan anda mengukusnya hingga merata dan tidak ada bagian yang masih beku. Anda bisa sesekali mengaduk sayuran dan menukar posisinya ke bawah.

5. Hangatkan dengan microwave

Jika ingin lebih praktis dan kebetulan memiliki microwave, anda bisa mencoba menghangatkan frozen vegetables dengan microwave. Tunggu beberapa saat hingga mencair dan sayuran anda siap digunakan.


Jika sudah dihangatkan, frozen vegetables bisa anda campurkan ke berbagai masakan. Tapi perlu diingat, sebaiknya anda menghangatkan frozen vegetables sekali saja dan hindari membekukan kembali frozen vegetables yang sudah dihangatkan. Selain mempengaruhi citarasa, hal ini akan menghilangkan total zat gizinya. Jadi alangkah lebih baiknya jika anda menghangatkan frozen vegetables dengan takaran sesuai kebutuhan agar bisa terpakai seluruhnya.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-hangatkan-sayuran-beku-sebelum-digunakan-dalam-masakan/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Hangatkan Sayuran Beku Sebelum Digunakan dalam Masakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel