5 Cara Masak Bubur Ketan Hitam Agar Matang Sempurna & Tidak Ngletis (Berbulir)


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya bubur ketan hitam bisa matang sempurna dan tidak ngletis (berbulir). Penasaran?

1. Pilih beras ketan hitam yang tepat

Pilihlah beras ketan hitam yang butirannya keras, halus, dan berwarna hitam pekat. Semakin keras dan hitam, semakin tinggi kandungan kanjinya. Cuci bersih beras ketan hitamnya sebelum dimasak dengan air bersih mengalir.

2. Rendam beras semalaman untuk memangkas waktu masak

Salah satu langkah agar bubur ketan hitam tidak ngletis adalah merendam beras ketan hitam minimal 6 jam atau semalaman. Dengan begitu, tekstur akan lebih lunak dan proses pemasakannya bisa lebih cepat.

Rendam saja dengan air biasa, lalu simpan di suhu ruang. Jika ingin dimasak, tiriskan hingga tak ada air tersisa.

3. Aduk bubur ketan hitam selama dimasak

Rebus beras ketan hitam beserta bumbu-bumbu tambahan dengan api sedang. Ingat, tekstur beras ketan hitam itu cukup lengket, sehingga bubur perlu diaduk agar tak menempel dan bulirnya bisa menyatu sempurna.

Aduk terus bubur ketan hitam hingga airnya menyusut. Namun kalau teksturnya belum seperti bubur, tambahkan lagi airnya dan aduk lagi hingga mengental serta matang.

4. Tambah maizena pada saus santan agar lebih kental

Bubur ketan hitam tentu tak lengkap tanpa saus santan yang gurih. Panaskan santan di atas api kecil, lalu masukkan garam dan pandan yang sudah disimpul agar lebih gurih dan wangi.

Kalau anda suka tekstur saus santan yang kental, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan ke dalam santan. Aduk perlahan hingga mendidih dan saus santan terasa kental.

5. Gunakan Panci Dapur Berkualitas

Jangan asal pakai panci dapur, sebab bisa jadi malah bikin gosong di bagian dasarnya.  Pakailah panci (stock pot) stainless steel dari DineMate. Ukurannya beragam dari 16-24 cm, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Bahannya anti karat serta terjamin food grade. Sehingga, anda bisa tenang masak dengan panci yang satu ini.


Nah, bubur ketan hitamnya sudah jadi! Siram bubur ketan hitam dengan kuah santan yang sudah dingin, atau bisa juga bubur ketannya dicampurkan dengan bubur kacang hijau. Kalau ingin disimpan, masukkan dalam kulkas berikut bubur ketan hitam plus saus santannya dalam wadah terpisah, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-masak-bubur-ketan-hitam-agar-matang-sempurna-tidak-ngletis-berbulir/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Masak Bubur Ketan Hitam Agar Matang Sempurna & Tidak Ngletis (Berbulir)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel