3 Cara Sukses Menanam Tanaman Kemangi Sendiri di Rumah


Selain lebih segar, menanam kemangi sendiri juga tentu lebih praktis. Jika sewaktu-waktu memasak pepes, sup ikan, atau trancam, saya tinggal petik langsung. Setelah mencoba dalam beberapa minggu, ternyata saya berhasil lho menanam kemangi sendiri. Sekarang, ada beberapa pot tanaman  kemangi yang berdaun lebat di pekarangan mini teras rumah saya. Anda juga tertarik? Yuk lihat tips menanamnya di bawah ini.

1. Perhatikan pemilihan tanah

Agar kemangi bisa tumbuh subur, anda tak bisa sembarangan menggunakan tanah. Sebaiknya, lakukan penggemburan pada tanah yang akan ditanami terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menambahkan pupuk kompos agar kemangi bisa tumbuh dengan baik dan subur. Jika anda akan menggunakan pot, pastikan sterilkan pot terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak memadatkan tanah pada pot ya, karena akan menghambat pertumbuhan kemangi nantinya.

2. Tanam kemangi

Umumnya, untuk menanam kemangi, anda membutuhkan benih kemangi yang bisa didapat dari bunga kemangi yang sudah tua dan mengering. Tapi jika anda ingin cara yang lebih simpel, tinggal potong saja bagian dahan atau batang kemangi dari pohon induknya, lalu tanam deh dalam pot, polibag, atau langsung di tanah halaman. Jika anda kesulitan menemukan pohon kemangi, pakai kemangi yang dijual di tukang sayur juga bisa kok. Tapi pastikan anda memilih kemangi yang sudah agak tua ya.

Sedikit tips tambahan, jika anda ingin kemangi dengan daun yang besar dan lebar, anda bisa menanamnya di luar ruangan. Tapi jika anda ingin kemangi yang ukuran daunnya sedang-sedang saja, coba tanam kemangi di dalam ruangan. Di mana pun pilihan anda, pastikan agar tanah yang dipakai untuk menanam kemangi tetap basah dan cukup terkena sinar matahari.

3. Perawatan yang baik


Karena kemangi termasuk tanaman yang tidak bisa tumbuh dalam keadaan lembab/dingin, pastikan agar anda menanamnya di tempat yang cukup terkena sinar matahari. Lalu siram kemangi 2 kali sehari dengan air yang cukup. Sebagai perawatan tambahan, semprotkan pestisida alami 1 bulan sekali agar kemangi bebas dari hama yang bisa merusakan tanaman kemangi anda.

Sumber:https://resepkoki.id/3-tips-sukses-menanam-tanaman-kemangi-sendiri-di-rumah/

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Sukses Menanam Tanaman Kemangi Sendiri di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel