5 Cara Membuat Pasta Agar Saus Bisa Menempel Sempurna


Pasta tergolong praktis untuk dimasak dan hasilnya jarang mengecewakan. Tapi, ada beberapa masalah yang sering dijumpai saat membuatnya. Misal, saus yang tidak membalut pasta dengan sempurna sehingga rasanya jadi hambar. Mungkin juga pasta yang terlalu kering atau malah  terlalu basah/berair. Padahal, salah satu kunci dari kelezatan hidangan pasta adalah keahlian dalam memadukan pasta dan saus, lho. Jadi, kalau mau pasta dengan saus merata, legit, dan lezat, simak tipsnya berikut ini.

1. Jangan Tambahan Minyak dalam Rebusan Pasta

Pernah dengar tips ini? Menurutnya, cara tersebut bisa mencegah pasta menggumpal atau saling menempel satu sama lain. Tapi, ternyata menambah minyak tentu akan membuat pasta berminyak dan membuat saus nantinya sulit menyerap/menempel.

2. Jangan Bilas Pasta Setelah Direbus

Mie instan atau mie telur memang sebaiknya dibilas agar tidak terlalu lembek, tapi lain halnya dengan pasta. Pasta yang dibilas dengan air akan membuatnya jadi dingin sehingga saus tidak akan menempel. Selain itu, kandungan pati di permukaan pasta juga akan hilang. Padahal, pati ini juga berperan untuk membuat saus jadi kental dan menempel sempurna pada pasta.

3. Tiriskan Pasta Tapi Jangan Terlalu Kering

Agar saus lebih melekat di pasta maka disarankan untuk sedikit mengeringkan pasta di alat peniris/saringan setelah direbus. Ingat ya, cukup sebentar saja dan jangan terlalu kering ketika meniriskan pasta, karena bisa-bisa pasta jadi menggumpal.

4. Campurkan dalam Saus Ketika Pasta Masih Panas

Saus akan lebih sempurna membalut ketika pasta masih panas. Campur pasta yang masih panas ke dalam saus lalu aduk-aduk hingga rata. Bagaimana cara agar pasta tetap panas saat dicampur dengan saus? Anda bisa merebus pasta sekaligus memasak sausnya, dalam 2 kompor yang berbeda tentunya. Jadi ketika pasta sudah aldente, tiriskan, dan langsung masukkan ke wajan satunya yang berisi saus.

5. Gunakan Sedikit Air Rebusan Pasta untuk Membuat Saus


Jangan langsung buang semua air bekas rebusan pasta. Ambil 1-2 sendok makan lalu tambahkan pada saus pasta yang telah anda buat. Air bekas rebusan pasta ini mengandung pati yang berguna mengentalkan saus yang anda buat. Jika anda memakai telur pada bahan saus, air rebusan ini juga berguna untuk membuat telur tidak menggumpal saat dicampur dengan pasta yang masih panas.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-membuat-pasta-agar-saus-bisa-menempel-sempurna/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membuat Pasta Agar Saus Bisa Menempel Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel