8 Jenis Buah Kering yang Bisa Anda Temukan di Indonesia


Buah menjadi salah satu makanan yang sering kita konsumsi. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah juga mengandung kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.  Kita biasa menikmatinya secara langsung (segar) atau dijadikan jus. Buah-buahan juga dapat dikeringkan dan sering dijadikan sebagai kudapan atau pelengkap kue, lho. Nah, tahu kah anda jika di Indonesia kita bisa menemukan banyak jenis buah kering. Yuk, simak berikut ini.

1. Kismis



Bagi kamu penikmat kue, tentunya tidak asing lagi dengan buah kering yang satu ini. Kismis berasal dari buah anggur yang sudah dikeringkan. Selain dapat dimakan secara langsung, kismis juga sering digunakan dalam pembuatan kue. Buah kismis memiliki rasa yang sangat manis, karena mengandung konsentrasi gula yang tinggi. Buah ini memberikan banyak energi untuk tubuh, sehingga cocok dimakan saat sarapan.

2. Prune



Prune adalah sebutan untuk buah plum yang dikeringkan. Prune mudah ditemukan di deretan manisan dan permen yang dijual di supermarket-supermarket yang menjual bahan makanan impor. Buah prune mengandung antioksidan dan tinggi serat sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita.  Biasanya buah yang satu ini digunakan untuk membuat kue lapis legit.

3. Kurma



Siapa yang tidak kenal buah kurma. Buah ini sangat populer untuk konsumsi di bulan Ramadan dan sering menjadi hidangan pembuka saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan legit membuat buah kurma sering digunakan sebagai pelengkap dalam cake dan kue kering. Dalam membuat cake, sebaiknya kurma dicincang dulu dan dilumuri dengan tepung terigu, baru dicampur dengan bahan lainnya, agar buah ini tidak mengendap ke bagian bawah dan menyebar rata.

4. Aprikot



Buah aprikot memiliki bentuk menyerupai apel, namun warnanya kuning atau oranye. Buah yang rasaya manis ini sering dikonsumsi secara langsung, dimasak, atau juga dikeringkan. Aprikot sering dijadikan bahan pelengkap kue kering atau cake. Karena ukurannya yang besar pula, sebaiknya buah ini dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.

5. Cranberry



Buah Cranberry yang dikeringkan juga sering disebut dengan craisin. Buah kering yang enak dijadikan cemilan ini bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan konsumsi cranberry kering tiap harinya, dapat membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh. Buah cranberry ini sering digunakan sebagai hiasan topping pada kue.

6. Cherry



Pastinya anda sudah sangat sering melihat buah ini dijadikan sebagai hiasan dalam cake atau kue kering. Warnanya yang memikat dan rasanya yang enak membuat buah ini cocok untuk dikreasikan dalam berbagai hidangan manis.

7. Kiwi



Buah kiwi kering biasanya berbentuk bulat-bulat tipis dan punya tekstur garing sedikit kenyal. Warnanya hijau cantik, sehingga sering dijadikan sebagai campuran dan topping pada fruit cake atau chocolate cake. Bila ingin dijadikan campuran kue, buah ini bisa anda potong-potong kecil atau dadu, baru dimasukkan dalam adonan. Bila ingin menjadikannya sebagai dekorasi, anda tinggal tata berjajar di atas kue.

8. Sukade



Sukade atau manisan adalah buah-buahan yang direndam dalam air gula lalu dikeringkan. Sukade bisa terbuat dari kulit jeruk, buah labu, atau buah pepaya. Sukade ini punya kenampakan menarik, berwarna-warni, dan transparan. Pada kue bolu, sering ditambahkan sukade untuk memperkaya rasa sekaligus mempercantik kue.


Setelah tahu ada banyak jenis buah kering yang bisa kita temukan, jangan melulu hanya pakai kismis atau sukade, ya. Anda bisa bebas berkreasi untuk kue yang lebih unik dan lezat.

Sumber:https://resepkoki.id/8-jenis-buah-kering-yang-bisa-anda-temukan-di-indonesia/

Belum ada Komentar untuk "8 Jenis Buah Kering yang Bisa Anda Temukan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel