9 Jenis Roti Untuk Roti Isi (Sandwich)



Berbagai jenis roti untuk sandwich di bawah ini. Siapa tahu bisa menginspirasi, kan?

1. Roti tawar putih


Siapa yang tak kenal roti ini? Hampir di setiap supermarket besar atau kecil, roti ini selalu terpampang di rak bakery. Roti tawar putih dibuat dari tepung terigu sehingga teksturnya lembut dan empuk. Umumnya, roti tawar putih dijual dalam dua bentuk yakni dengan kulit atau tanpa kulit. Roti tawar putih juga bisa berinovasi dengan banyak rasa seperti pandan, coklat, dan sebagainya. Mau buat sendiri? Klik resep ini.

2. Roti tawar gandum


Roti tawar gandum juga banyak ditemui di supermarket atau bakery. Bedanya dengan roti tawar putih, roti ini terbuat dari tepung gandum utuh. Oleh karena itu, roti tawar berwarna coklat ini punya serat lebih tinggi dan teksturnya lebih terasa.

3. Pita


Ini bukan hiasan rambut, ya, tapi salah satu jenis roti datar atau flatbread. Roti pita berasal dari Timur Tengah dan terlihat unik karena tidak mekar seperti roti kebanyakan. Hal ini disebaban karena roti pita tidak pakai ragi untuk mengembangkan adonan seperti roti eropa. Roti dari terigu ini cocok dibuat sandwich dengan irisan daging sapi atau domba, sayuran hijau, tomat, bawang bombay, dan sebagainya.

4. Tortilla


Satu lagi jenis flatbread yang akrab di Indonesia: tortilla. Bagi pecinta kebab, roti ini pasti sudah tak asing lagi. Meskipun biasa dibuat kebab ala Timur Tengah, roti ini asli dari Amerika Latin, lho. Ada dua jenis tortilla yang populer di negara kita yakni tortilla terigu dan tortilla jagung (dari tepung maizena). Untuk sandwich, tortilla cocok disajikan dengan isian apapun seperti kebab dan burrito (isi daging cincang, selada, sour cream, keju, dll).

5. Baguette



Baguette adalah roti Perancis yang berbentuk seperti tongkat. Teksturnya kasar, padat, dan cukup keras. Roti yang terbuat dari gandum ini biasa diisi dengan bahan-bahan sandwich bercitarasa gurih seperti bawang putih, daging asap, ham, dan sayur-sayuran segar. Namun selain sandwich, baguette juga biasa dibuat garlic bread untuk teman cream soup atau dibuat bruchetta.

6. Sourdough


Pernah melihat roti bundar atau lonjong di samping baguette? Nah, itulah sourdough. Seperti namanya, sourdough memang terasa asam karena dibuat dari ragi asli (wild yeast). Adonan roti sourdough merupakan fermentasi dari gula dan ragi, sehingga terasa sedikit asam. Untuk sandwich, sourdough cocok dengan isian klasik seperti irisan daging, selada, tomat, bawang bombay, keju, dan sebagainya.

7. English Muffin


Pernah lihat roti ini di salah satu restoran cepat saji terkenal? Yup, english muffin terkenal sebagai roti untuk sarapan. Seperti namanya, roti ini berasal dari Inggris. Selain dioles dengan mentega atau dipanggang, english muffin juga bisa diisi dengan bahan-bahan sarapan seperti telur, daging ham, sosis, dan keju.

8. Croissant


Roti satu ini terkenal karena bentuknya unik, bahkan ada yang seperti bumerang. Awalnya, croissant adalah roti untuk sarapan yang hanya dioles mentega atau selai. Namun seiring waktu berjalan, croissant juga dipakai untuk roti sandwich. Roti asal Perancis ini pada dasarnya adalah pastri, yakni jenis roti yang terdiri dari beberapa layer dengan tekstur flaky (mudah hancur).

9. Bagel


Bentuknya seperti donat, tapi bukan donat. Ya, nama roti asal Polandia ini adalah bagel (dibaca: “beigel”). Luarnya terasa keras dan renyah, tapi ketika digigit akan terasa lembut. Uniknya lagi, bagel sering ditaburi wijen, biji bunga poppy, atau bawang yang dicincang. Hmm, perpaduan sempurna, ya! Bagel juga mulai populer di Indonesia sebagai roti sandwich, terutama di kafe barat atau kedai kopi.

Sumber:https://resepkoki.id/9-jenis-roti-untuk-roti-isi-sandwich/

Belum ada Komentar untuk "9 Jenis Roti Untuk Roti Isi (Sandwich)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel