5 Cara Membuat Kuah Kaldu yang Bening dan Kaya Citarasa


1. Sesuaikan jenis kaldu dengan kebutuhan anda

Ada tiga jenis kaldu yang biasa digunakan, yaitu kaldu sapi, ayam, dan kaldu seafood. Semuanya tentu memiliki nilai gizi, dan rasa khasnya masing-masing. Anda tinggal sesuaikan saja dengan masakan yang akan anda buat. Untuk membuat kaldu ayam, anda bisa menggunakan bagian tulang punggung, sayap, dan ceker.

Untuk kaldu sapi, yang paling baik adalah menggunakan bagian tulang kaki, karena di sana terdapat sumsum yang membuat kual kaldu anda semakin gurih. Sedangkan untuk kaldu seafood, anda bisa menggunakan bagian kepala dan kulit udang atau ikan.

2. Buang air rebusan pertama

Mungkin diantara anda masih banyak yang melewatkan poin ini, padahal sebenarnya sangat penting. Biasanya, air rebusan tulang akan mengeluarkan buih yang keruh. Buih tersebut berasal dari darah pada tulang yang sudah mengeras. Untuk mendapatkan hasil kaldu yang bening dan bersih, sebaiknya anda merebus tulang sebentar sampai buihnya mengapung di permukaan air. Setelah itu cuci bersih tulang, lalu rebus kembali dengan air bersih yang baru.

3. Tambahkan rempah-rempah

Jika biasanya anda hanya menambahkan garam dan merica secukupnya pada air rebusan kaldu, mungkin sudah saatnya anda menambahkan bahan-bahan lainnya ke dalam air rebusan kaldu tersebut seperti rempah-rempah. Anda bisa menggunakan irisan bawang bombay, bawang daun, dan bawang putih yang dimasak bersama tulang.

Sebelum kompor dimatikan, anda juga bisa memasukkan kulit bawang bombay ke dalam air kaldu. Selain menambah cita rasa kaldu, kulit bawang bombay ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.

4. Rebus dalam api kecil

Meskipun membutuhkan waktu yang lama, tapi merebus kaldu dalam api kecil akan membuat rasa dari kaldu anda lebih gurih dan pekat. Ini disebabkan semua sari dari tulang akan keluar dan menyatu sempurna bersama air rebusan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda merebus kaldu sekitar 1 sampai 3 jam.

5. Saring kaldu

Setelah kaldu matang, anda harus menyaringnya terlebih dahulu untuk memisahkan air kaldu dengan tulang dan rempahnya. Jika anda ingin menyimpannya sebagai stok, sebaiknya anda menggunakan wadah kaca dengan tutup yang kedap udara. Simpan di dalam kulkas agar kaldu bisa awet sampai berbulan-bulan. Jika akan digunakan, anda hanya perlu menghangatkan dan menambahkannya dengan sedikit air agar kaldu tidak menggumpal, lalu masak dengan bahan lain sesuai selera.


Membuat kuah kaldu sendiri memang cukup ribet, tapi semua itu akan terbayang dengan citarasa juga kandungan gizi yang akan anda dapatkan nanti.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-membuat-kuah-kaldu-yang-bening-dan-kaya-citarasa/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membuat Kuah Kaldu yang Bening dan Kaya Citarasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel