Cara Memilih dan Mengolah Oncom yang Lezat dan Aman


Agar anda tidak salah saat membeli oncom, coba perhatikan poin-poin di bawah ini.

1. Pilih oncom yang masih segar

Agar mendapatkan rasa dan gizi yang maksimal dari oncom, anda sebaiknya membeli oncom yang masih segar. Cirinya adalah tekstur oncom yang rapat dan jamur di permukaannya tidak terlalu banyak. Pastikan juga oncom yang anda beli memiliki aroma segar khas kacang kedelai. Jika oncom tersebut lembap dan bau asam, maka bisa dipastikan oncom tersebut sudah tidak segar. Atau jika masih ragu, anda juga bisa menanyakan pada penjualnya kapan oncom tersebut dibuat. Semakin baru, maka semakin baik.

2. Segera olah oncom setelah dibeli

Karena tidak tahan lama, oncom sebaiknya langsung diolah setelah dibeli. Atau kalaupun anda ingin menyimpannya, hindari menyimpan oncom di ruangan terbuka, karena akan memudahkan tumbuhnya jamur dan bakteri pada oncom. Hindari juga menyimpan oncom tersebut di dalam freezer, karena ragi dalam oncom akan mati karena proses pembekuan. Simpanlah oncom di kulkas, maka oncom akan bertahan sekitar 2-3 hari.

3. Sangrai atau bakar oncom sebelum diolah

Jika anda biasanya langsung mengolah oncom begitu saja, ada baiknya anda mengganti kebiasaan tersebut. Sebelum diolah, cobalah untuk membakar atau menyangrai oncom sampai agak kering terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengeluarkan cita rasa dan aroma oncom menjadi lebih sedap.

4. Olah oncom sesuai selera

Setelah dibakar atau disangrai, sekarang anda tinggal mengolah oncom. Entah ditumis bersama leunca dan cabe hijau, atau dimasak menjadi nasi tutug oncom yang pastinya menggugah selera. Simak beberapa sajian lezat dan praktis yang menggunakan oncom berikut ini.


Karena oncom tidak tahan lama, sebaiknya anda membelinya hanya jika benar-benar akan dimasak. Usahakan juga membeli oncom dengan jumlah sesuai kebutuhan agar tidak ada oncom yang terbuang karena sudah tidak layak pakai.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-memilih-dan-mengolah-oncom-yang-lezat-dan-aman/

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih dan Mengolah Oncom yang Lezat dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel