Cara Menyimpan Ikan Asin Agar Awet dan Tidak Bau

bisa mencoba tips menyimpan ikan asin di bawah ini.

1. Simpan ikan asin dalam suhu ruangan

Jika anda tidak akan langsung memasak ikan asin yang anda beli, maka anda bisa menyimpan ikan asin tersebut dalam suhu ruangan. Dengan catatan sebagai berikut:

Jangan simpan ikan asin dalam wadah plastik

Seperti yang kita ketahui, garam dalam ikan asin berfungsi untuk mengawetkan ikan secara alami. Sedangkan suhu dalam wadah plastik biasanya jauh lebih panas dibanding wadah dengan bahan lain, sehingga menyimpan ikan asin dalam wadah plastik hanya akan membuat garam mencair, ikan jadi lembab, dan menyebabkan bakteri serta kuman menempel pada ikan asin anda. Jadi usahakan untuk menyimpan ikan asin dalam wadah atau toples kaca saja demi menghindari hal tersebut.

Tutup ikan asin kering dengan kertas roti

Anda bisa membungkus ikan asin tersebut dengan kertas roti. Kertas roti bisa menyerap cairan dalam ikan asin karena proses penguapan di udara, sehingga ikan asin akan tetap kering dan terjaga kualitasnya. Setelah itu, anda bisa memasukkan ikan asin yang telah dibungkus kertas roti tadi ke dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat.

Simpan ikan asin dalam wadah kedap udara

Salah satu kekurangan ikan asin adalah aromanya yang menyengat dan cukup mengganggu. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menyimpan ikan asin dalam wadah kedap udara agar baunya tidak menyebar ke sekitar.

2. Simpan ikan asin dalam suhu freezer

Jika anda ingin ikan asin awet lebih lama, anda bisa memasukkan ikan asin tersebut ke dalam freezer dengan suhu sekitar 3-7°C. Ikan asin yang beku akan mencegah proses penguapan sehingga ikan asin anda akan lebih awet. Kualitasnya tetap terjaga dengan baik.


Jika anda tahu cara menyimpan ikan asin dengan tepat, ikan asin tersebut bisa bertahan sampai satu tahun lamanya lho! Jadi usahakan untuk mengikuti poin-poin di atas dengan benar ya.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-menyimpan-ikan-asin-agar-awet-dan-tidak-bau/

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyimpan Ikan Asin Agar Awet dan Tidak Bau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel