Kenali 4 Tanda Nasi Sudah Basi & Harus Dibuang


Nasi tak baik disimpan lebih dari 1 hari meski sudah masuk kulkas, dan termasuk dalam makanan yang tak boleh dipanaskan berulang. Hmm, ketat juga ya peraturannya. Daripada salah makan, yuk cek tanda-tanda nasi yang basi di bawah ini!

1. Teksturnya keras dan kering.

Nasi yang disimpan dalam kulkas memang awet dan rendah kalori. Di sisi lain, nasi juga kehilangan kelembabannya dan terlihat kering. Namun ketika teksturnya keras seperti kerak, nasi sudah tak bisa dikonsumsi lagi dan sebaiknya dibuang. Biasanya hal ini terjadi karena nasi sudah terlalu lama berada di kulkas. Namun tak hanya di kulkas. Nasi juga dapat mengeras dan kering jika disimpan dalam  rice cooker atau ruang terbuka dalam jangka panjang.

2. Atau sebaliknya, tekstur nasi lembek dan berair.

Jika nasi teksturnya sangat berair, anda perlu hati-hati karena kemungkinan nasi tersebut sudah basi. Faktanya, nasi basi memiliki kandungan air yang lebih banyak dari nasi normal. Jadi jika nasi normal terasa lembab, nasi basi umumnya bertekstur lembek dan mengeluarkan air di bagian bawahnya. Penyebabnya mungkin karena cara masaknya kurang tepat. Nah, kalau sudah begitu nasinya lebih baik dibuang, ya.

3. Warnanya berubah kusam atau kekuningan.

Nasi putih yang matang dan pulen pasti berwarna putih. Lain hal jika berubah menjadi kusam (tidak putih lagi) atau cenderung kekuningan. Hal ini bisa mengindikasikan dua hal: kualitas berasnya memang tidak bagus atau nasi sudah disimpan terlalu lama.

4. Tercium bau tak sedap.


Nah, kalau sudah tercium bau, terutama bau tak sedap, maka bisa disimpulkan bahwa nasi sudah basi. Hal ini mungkin terjadi karena sudah lebih dari 4 hari dalam kulkas. Atau akibat rice cooker tidak tertutup rapat ketika nasi masih dipanaskan di dalamnya. Alhasil, bakteri dari luar dapat dengan mudah masuk dan membuat nasi terkontaminasi.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tanda-nasi-sudah-basi-harus-dibuang/

Belum ada Komentar untuk "Kenali 4 Tanda Nasi Sudah Basi & Harus Dibuang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel