Mari Mengenal, Memilih dan Mengolah Udang Jerbung

berapa jenis udang jerbung? Simak penjelasan berikut!

Jenis-jenis udang jerbung

Secara umum, udang yang juga disebut “white shrimp” ini memiliki daging berwarna putih dan kaki berwarna merah. Namun ternyata, udang jerbung ini punya banyak istilah lain dengan keanekaragaman rupanya. Paling tidak, ada tiga jenis udang jerbung yang bisa ditemukan di Indonesia:

a. Udang bambu (bamboo shrimp), yakni jenis udang jerbung yang kenampakannya mirip pohon bambu. Tubuhnya bergaris-garis atau memiliki bercak merah dengan warna daging kekuningan.

b. Udang peci (white shrimp), yakni jenis udang jerbung yang memiliki daging berwarna putih dengan kulit berbintik hitam kecil. Jangan khawatir, bintik hitam ini bukan noda, ya.

c. Udang pisang (banana shrimp), yakni jenis udang jerbung yang memiliki kulit luar berwarna kuning seperti pisang.

Manfaat dari udang jerbung

Banyak orang bilang bahwa makanan laut punya gizi yang baik untuk perkembangan otak. Nah, hal ini terbukti pada udang jerbung yang mengandung Omega 3 EPA, DHA, dan Omega 6. Ketiga kandungan ini dapat membantu daya ingat dan memperbaiki sistem syaraf otak, lho. Hebatnya lagi, udang jerbung ini rendah kolesterol, jadi sangat aman untuk konsumsi keluarga anda.

Memilih udang jerbung

Udang jerbung banyak ditemukan di pasaran, entah pasar tradisional maupun supermarket besar. Ukurannya tersedia dari kecil hingga besar. Udang ini dijual dalam bentuk segar, tapi tak jarang ada versi kupasan atau dagingnya saja. Untuk memilih udang jerbung segar, pastikan warna kulitnya terlihat cerah. Selain itu, pastikan dagingnya pun berwarna putih cerah dan tercium amis yang segar. Jika tercium aroma amis menyengat atau cenderung busuk, sebaiknya tidak dipilih, ya. Dan terakhir, cek kepala udangnya. Hindari kepala udang yang melekat erat (tidak bisa digoyangkan), nyaris lepas dari badannya, atau malah tidak berkepala karena udang tersebut sudah tak segar lagi.

Mengolah udang jerbung

Udang jerbung memiliki rasa manis dan gurih yang khas. Dagingnya pun terasa lembut sehingga udang ini sangat mudah diolah menjadi aneka masakan. Sebelum diolah, kupas udang terlebih dahulu, hilangkan antenanya (kumis udang), dan bersihkan bagian punggungnya. Cuci hingga bersih dan daging udang siap dimasak. Namun jika tak ingin menghilangkan kulitnya, anda hanya perlu menggunting antena udangnya saja lalu cuci bersih.


Udang jerbung bisa digoreng, dicampurkan dalam sup atau tom yam, ditumis, dipepes, dibakar, maupun dimasak bersama nasi goreng, mie goreng, atau capcay. Kalau ingin membakar udang jerbung, pastikan anda tak meletakkannya di atas api terlalu lama karena kulit udang ini cukup tipis. Selain diolah dalam bentuk utuh atau kupasan, udang jerbung juga bisa diambil dagingnya saja lalu diolah menjadi bakso udang, siomay, batagor hingga pempek.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-memilih-mengolah-udang-jerbung/

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal, Memilih dan Mengolah Udang Jerbung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel