5 Cara Persiapan Memotong Ayam Sendiri


1. Perhatikan kesegaran ayam utuh

Ketika membeli ayam utuh, terutama yang frozen, pastikan anda memilih yang berkualitas baik. Ayam utuh frozen biasanya memiliki tanggal kadaluarsa di kemasannya. Jika tak ada, pastikan warna kulit ayamnya cenderung putih kekuningan dan tidak pucat. Selain itu, perhatikan juga apakah ada noda kehitaman pada tubuh ayam karena bisa saja penyimpanan ayam frozen tersebut kurang baik dan higenis.

2. Sesuaikan potongan ayam dengan resep

Potongan ayam itu beragam, ya. Ada 8, 10, 12, hingga 20 potongan. Nah sebelum memotong ayam, pastikan dulu anda ingin buat resep apa. Untuk ayam dengan 8 hingga 12 potongan bisa dibuat ayam goreng kalasan, kalio ayam, ayam penyet, ayam pop, dan ayam bakar madu. Ayam yang dipotong 16 hingga 20 bagian umumnya dipakai untuk ayam goreng mentega, opor ayam, semur ayam, dan campuran untuk sop ayam.

Selain memotong ayam seperti di atas, anda juga bisa membuat fillet ayam lho, misalnya untuk chicken steak, ayam saus lemon, ayam karage, dan ayam kungpao. Potong ayam fillet berarti hanya menggunakan daging ayamnya saja untuk dimasak, alias menyisakan tulang-tulang ayam. Nah, tulang-tulang tersebut bisa disimpan untuk dibuat kaldu ayam, lho. Jadi tak perlu food wasting, kan?

3. Cuci ayam sebelum dipotong

Setelah membeli ayam, cucilah dulu sebelum mulai proses pemotongan. Kalau anda beli ayam utuh frozen, lakukan proses thawing dengan meletakkannya dalam lemari chiller selama kurang lebih semalaman hingga 24 jam. Setelah itu, cucilah ayam tersebut dan langkah memotong siap dilakukan!

4. Pastikan pisau yang anda pakai cukup tajam

Kalau kita minta penjual ayam untuk memotongkan, biasanya mereka akan memakai pisau besar atau pisau yang sudah diasah tajam. Jika anda tak punya pisau besar alias cleaver knife, setidaknya pisau yang anda pakai harus cukup tajam untuk memotong bagian-bagian ayam utuh. Anda bisa mengasah pisau terlebih dahulu dengan alat pengasah khusus, batu asah, atau cangkir keramik, ya.

5. Simpan potongan ayam dalam freezer

Ayam potong, terutama yang berasal dari ayam utuh frozen, sebaiknya lekas diolah dan dimasak setelah selesai dipotong. Namun jika masih bingung mau buat apa, simpan ayam potong dalam wadah kedap udara dan kering lalu letakkan dalam freezer. Paling tidak, ayam potong tersebut tetap awet selama 6 bulan tergantung suhu freezer. Oh ya, sebaiknya tidak sering melakukan thawing agar kualitas ayam tetap baik.

Sekarang tak perlu bingung lagi, ya? Ayam adalah salah satu jenis daging yang paling mudah diolah jadi masakan apapun. Namun sebelum memulai, ada baiknya memperhatikan tips berikut agar ayam tak bau amis dan bumbunya menyerap sempurna saat dimasak.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-persiapan-memotong-ayam-utuh/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Persiapan Memotong Ayam Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel