5 Tips Merawat Cobek Batu



Cobek biasanya terbuat dari batu maupun dari kayu. Dan kebanyakan orang memilih menggunakan cobek batu karena lebih awet. Namun, pori-pori cobek batu sangat kecil, sehingga sering meninggalkan sisa bumbu di dalamnya. Tapi ada perawatan-perawatan khusus yang perlu dilakukan agar cobek tetap bersih dan tahan lama.

1. Rendam cobek

Setelah membeli cobek baru, anda pasti tidak sabar untuk menggunakannya. Sebelum menggunakannya, rendam cobek dalam air selama satu malam. Lalu cuci cobek di bawah air mengalir agar kotoran yang menempel terbuang.

Merendam cobek semalaman bermanfaat untuk mengetahui kebocoran pada cobek. Dan warna air rendaman juga untuk mengetahui bahan cobek asli dari batu atau campuran.

2. Gunakan ampas kelapa

Untuk membersihkan pori-pori cobek baru anda perlu menggunakan ampas kelapa. Ampas kelapa akan membantu menghilangkan sisa batu pahatan cobek.

Sebanyak 3 sendok makan ampas kelapa dituang ke cobek lalu ulek sampai keluar minyak. Selain keluar minyak, ampas juga akan berwarna hitam. Ulek ampas kelapa sebanyak 4 kali sampai perubahan warna tidak mencolok.

3. Olesi cobek dengan minyak kelapa

Agar sambal tidak berbau tanah dan ada pasir saat selesai diulek dengan cobek baru, maka lakukan tahap ini. Olesi permukaan cobek dengan minyak kelapa hingga rata. Panggang cobek diatas api kecil hingga berubah jadi kehitaman dan mengeluarkan asap.

Angkat cobek lalu bersihkan dengan air mengalir. Untuk mendapatkan cobek yang bersih ulangi 2-3 kali.

4. Bersihkan dengan sikat dan sabun

Perawatan cobek sehari-hari pun perlu diperhatikan. Anda perlu membersihkan cobek dengan benar agar tidak tersisa lagi bumbu atau sisa makanan. Kalau tersisa, pertumbuhan jamur dan lumut akan  sangat cepat di cobek.

Bersihkan cobek dengan sikat plastik dan sabun. Sikat cobek dengan sabun hingga benar-benar bersih dari sisa-sisa bumbu.

5. Simpan di tempat kering

Tempat penyimpanan cobek akan mempengaruhi kondisi cobek. Cobek batu akan lebih tahan jamur jika disimpan di tempat kering atau tidak lembab.

Setelah mencuci cobek dengan air, anda harus mengeringkan cobek dahulu. Keringkan cobek dibawah sinar matahari atau bakar cobek diatas kompor. Jika cobek dan tempat simpan tidak kering atau lembab maka cobek akan mudah jamuran.


Sumber:https://www.resepkoki.id/cara-merawat-cobek-batu/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Merawat Cobek Batu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel