4 Cara Mudah Membuat Susu Kental Manis Homemade


Sebagai info, anda bisa buat sendiri susu kental manis, lho! Jaga-jaga siapa tahu persediaan habis saat perlu. Tidak perlu takut ribet, bahan dan alatnya pasti ada di dapur anda.

1. Siapkan Bahan

Bahan yang disiapkan tidaklah banyak. Hanya diperlukan 100 g gula pasir, 3 sdm mentega leleh, 250 g susu bubuk, dan ⅔ gelas air panas. Jenis susu bubuk yang digunakan boleh apa saja sesuai selera anda. Misalnya susu bubuk coklat, skim, atau full cream.

2. Campurkan Bahan

Campurkan air panas, gula, dan mentega menggunakan mixer. Setelah gula larut, tambahkan susu bubuk sedikit demi sedikit. Tujuannya, mencegah susu menggumpal.

Saat mengaduk bahan, mulailah dengan kecepatan kecil. Setelah agak larut, aduk dengan kecepatan tinggi.

3. Sesuaikan Kekentalan

Kekentalan dari susu bisa disesuaikan dengan kehendak anda, lho! Bila terlalu banyak gula, tentu akan lebih kental. Nah, jika ingin mengencerkan susu, tambahkan air sedikit demi sedikit. Gunakan sendok makan agar air tidak tumpah.

4. Simpan di Kulkas

Simpan susu saat seluruh bahan sudah larut sempurna dan kekentalannya pas. Gunakan wadah kedap udara dan pastikan tidak terkena matahari langsung, ya! Supaya terjaga teksturnya dan tidak cepat basi.


Jika disimpan dalam kulkas, kental manis homemade ini bisa bertahan hingga 5 hari.

Sumber:https://www.resepkoki.id/4-langkah-mudah-membuat-susu-kental-manis/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mudah Membuat Susu Kental Manis Homemade"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel