7 Cara Membuat Telur Dadar Tipis atau Telur Rawis

Telur dadar iris tipis ini juga dikenal dengan nama telur rawis, karena bentuknya mirip dengan mie. Walaupun terlihat mudah, ternyata tidak semua orang bisa membuat telur dadar iris tipis yang bagus, lho. Pasti ada saja yang terlalu tebal atau berminyak. Nah, kalau anda ingin bisa juga membuat telur dadar iris tipis yang bagus dan enak, begini caranya.

1. Gunakan wajan anti lengket



Untuk membuat telur dadar tipis yang bulat sempurna, sebaiknya anda menggunakan wajan anti lengket atau teflon. Terutama untuk anda yang jarang membuat telur dadar tipis. Penggunaan wajan anti lengket dapat membantu supaya telur tidak menempel pada wajan dan saat dibalik, telur tidak pecah atau sobek.

Gunakan wajan anti lengket yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, seperti Maxim Ultra Wajan Teflon 22 cm. Dengan diameter 22 cm, telur dadar yang dihasilkan akan tipis dan lebar. Tanpa banyak minyak pun, telur juga tidak akan menempel karena wajan ini dilapisi Teflon Xtra 3 lapis yang aman dan bebas PFOA.

Kalau menggunakan wajan goreng biasa, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, jika belum terbiasa, mungkin anda akan kesulitan dalam membaliknya, telur rawan sobek, dan besar bulatan telur dadarnya pun akan tidak sama.

2. Kocok minimal 2 butir telur

Walaupun hanya ingin membuat sedikit telur dadar tipis, gunakanlah paling tidak 2 butir telur yang dikocok lepas. Dari 2 butir telur ini, anda bisa menghasilkan 3 telur dadar tipis dengan ukuran sama dan ketebalan yang pas. Kalau anda menggunakan 1 butir telur saja, telur dadar tipis yang dihasilkan akan terlalu kecil dan tipis. Sehingga rawan sekali sobek.

3. Tuang sedikit minyak hanya untuk melapisi wajan saja

Karena sudah menggunakan wajan anti lengket, maka anda hanya perlu menuangkan minyak sedikit saja untuk menggoreng. Kira-kira sebanyak 1 sdt. Minyak ini hanya berfungsi untuk melapisi wajan supaya telur dadar semakin mudah dibalik. Setelah dituangkan, goyang-goyangkan wajan ke kanan dan kiri agar minyak menyebar. Dan kalau dirasa masih kebanyakan, anda bisa mengelap sebagian minyak dengan tisu dapur.

Tahap ini perlu diulangi setiap akan menggoreng telur dadar selanjutnya.

4. Gunakan api kecil

Untuk menggoreng telur dadar tipis, gunakanlah api yang kecil saja. Api kecil akan membuat telur dadar matang merata dan tidak mudah gosong. Jadi, telur dadar yang dihasilkan bisa memiliki warna kuning yang cantik.

5. Satu sendok sayur kecil telur kocok untuk satu lembar dadar

Dalam membuat telur dadar tipis, banyaknya telur kocok yang digunakan untuk 1 lembar dadar adalah faktor yang perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan ketipisan yang pas, gunakanlah sendok sayur yang kecil sebagai takaran. Ambil 1 sendok sayur kecil telur kocok untuk membuat 1 lembar telur dadar tipis. Tuangkan ke dalam wajan anti lengket, kemudian goyangkan wajang ke kanan-kiri supaya telur menyebar.

6. Jangan sampai telur berwarna coklat

Telur dadar tipis yang cantik, memiliki warna kuning muda. Nah, supaya warna ini bisa didapatkan, goreng telur dadar sebentar saja. Jangan sampai terlalu kering karena warna telur akan berubah menjadi kecoklatan.

Setelah telur kocok dimasukkan, tunggu hingga permukaannya muncul lubang-lubang kecil. Kemudian, balik telur untuk mematangkan sisi satunya. Cukup 30 detik saja, lalu angkat telur dadar dan tiriskan.

7. Gulung telur dadar dan iris kecil-kecil


Jika seluruh telur kocok sudah digoreng, biarkan telur dadar terlebih dahulu hingga uap panasnya menghilang. Setelah itu, gulung telur dadar satu per satu dan iris kecil-kecil seperti mie. Telur dadar tipis yang sudah diiris-iris ini bisa anda jadikan lauk untuk sajian nasi kuning, tumpeng, atau nasi uduk. Dimakan begitu saja sebagai camilan juga tidak apa-apa, lho. Tetap lezat.

Sumber:https://resepkoki.id/7-tips-membuat-telur-dadar-iris-tipis/

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Membuat Telur Dadar Tipis atau Telur Rawis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel