7 Macam Biji-Bijian Untuk Membuat Kue & Roti Lebih Bergizi dan Menarik

Ada juga biji-bijian yang sering dijadikan sebagai kudapan. Sebut saja seperti popcorn dari jagung atau kue dari gandum. Namun selain bahan utama kue, ada pula biji-bijian yang digunakan dalam jumlah sedikit untuk pelengkap, topping, atau dekorasi.

1. Wijen


Kebanyakan dari kita pasti familiar sekali dengan biji yang satu ini. Yup, biji wijen memang sering sekali digunakan sebagai pelengkap makanan. Mulai dari hidangan seperti ayam mentega hingga camilan seperti martabak. Selain itu, biji wijen juga sering digunakan sebagai pelengkap kue, roti, dan pastry.

Wijen sendiri merupakan biji kecil berbentuk oval. Bagian ujung wijen juga berbentuk runcing. Pada umumnya, biji wijen yang kita temui berwarna putih. Akan tetapi, ada juga lho biji wijen yang warnanya hitam.

2. Biji Poppy


Biji poppy berbentuk bulat dan kesat. Ukurannya lebih kecil dibandingkan biji selasih. Biji berwarna hitam ini juga sering dijadikan pengganti kacang. Terutama bagi mereka yang alergi.

Dahulu, sempat ada kontroversi pada biji poppy. Karena berasal dari tanaman Poppy Opium, biji ini dianggap dapat menyebabkan kecanduan. Tapi, kini anggapan tersebut sudah dipatahkan. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya.

3. Biji Bunga Matahari


Kita tentu sering menemui biji bunga matahari yang dijadikan kuaci. Tapi, sebenarnya biji ini tidak terbatas sebagai camilan saja. Banyak resep kue, muffin, dan roti yang menggunakan biji bunga matahari sebagai pelengkap atau topping.

4. Biji Labu


Dibandingkan biji-bijian lain, ukuran biji labu termasuk yang paling besar. Kulit biji labu berwarna putih, sementara bijinya berwarna hijau pekat. Seperti biji bunga matahari, biji labu juga sering diolah sebagai kuaci.

5. Flaxseed


Flaxseed memiliki bentuk yang menyerupai wijen. Hanya saja, flaxseed sedikit lebih besar dan mengkilap. Flaxseed juga terbagi atas dua jenis, yakni golden flaxseed dan brown flaxseed. Dibandingkan brown flaxseed, golden flaxseed dibanderol dengan harga lebih mahal.

6. Oats


Oats ialah biji-bijian yang terkenal sebagai bahan sumber karbohidrat pengganti nasi. Sudah banyak orang yang mengonsumsi biji-bijian satu ini. Tapi, oats juga dapat digunakan pada proses baking. Misalnya seperti pembuatan kukis maupun roti.

7. Chia Seed


Chia seeds berbentuk mirip seperti biji poppy. Keduanya sama-sama berwarna hitam, berbentuk bulat, dan berukuran kecil.

Chia seeeds kaya akan kandungan protein. Tak jarang, ia dijadikan bahan alternatif pengganti telur dalam kue atau olahan lainnya.


Meskipun hanya bahan tambahan atau pelengkap, biji-bijian bisa memperkaya tekstur kue dan roti. Selain itu, kehadiran biji-bijian juga bisa membuat roti lebih sehat. Yaitu lebih kaya akan kandungan gizi.

Sumber:https://resepkoki.id/7-jenis-biji-bijian-untuk-membuat-kue-roti-lebih-bergizi-dan-menarik/

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Biji-Bijian Untuk Membuat Kue & Roti Lebih Bergizi dan Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel