7 Macam Resep Ayam Goreng Tepung yang Kekinian

Saat ini, semakin banyak makanan kekinian yang hadir. Ayam goreng tepung pun menjadi salah satu dari bagiannya. Saya kira, mengolahnya secara kekinian akan merusak citarasanya yang gurih dan renyah itu. Tapi ternyata, ayam goreng tepung sangat cocok lho diolah menjadi berbagai hidangan kekinian.

1. Ayam geprek Jogja

Setahun belakangan ini, ayam geprek memang sedang naik daun. Tren ayam geprek sendiri berawal dari kota Jogjakarta. Ayam berbalut tepung digoreng hingga krispi, kemudian digeprek atau diulek bersama dengan bawang putih dan cabai rawit sesuai selera. Rasa pedas yang nikmat ini bikin banyak orang ketagihan. Alhasil, ayam geprek Jogja ini mulai merambah ke kota-kota lain dan punya banyak inovasi. Mulai dari diberi lelehan keju mozzarella hingga digeprek bersama sambal matah khas Bali. Sepertinya lezat sekali, ya.

2. Salted-egg fried chicken


Saus salted-egg atau saus telur asin yang sedang tren ini ternyata tidak hanya cocok diolah dengan bahan makanan basah, tetapi juga gorengan krispi seperti ayam goreng tepung. Sausnya tidak mengurangi renyahnya ayam goreng tepung. Malahan, sausnya yang creamy begitu meresap dan membuat ayam goreng tepung terasa lebih gurih. Saking nikmatnya, salted-egg fried chicken ini sampai dibuat menjadi menu di salah satu restoran cepat saji, lho.

3. Ayam karaage



Karaage merupakan ayam goreng tepung ala Jepang. Ayam karaage terbuat dari daging ayam fillet bagian paha yang dipotong kotak-kotak besar, kemudian dibalut tepung dan digoreng secara deep fry. Karena menggunakan daging bagian paha, tekstur dari karaage ini lembut dan juicy. Rasanya pun gurih.

Ayam karaage bisa dengan mudah anda santap di berbagai gerai fast food Jepang atau membelinya secara frozen di supermarket. Kalau mau membuatnya sendiri pun mudah dan anda bisa berkreasi dengan berbagai saus cocolan, seperti saus cabai dan mayones.


4. Ayam pok-pok

Sama seperti karaage, ayam pok-pok juga terbuat dari daging fillet yang dipotong-potong dan digoreng tepung. Bedanya, daging ayam fillet yang digunakan untuk ayam pok-pok diambil dari bagian dada dan dipotong kecil-kecil tidak beraturan. Setelah matang dan renyah, ayam pok-pok biasa disantap dengan bumbu bubuk tabur berbagai rasa.

5. Ayam popcorn

Ayam popcorn ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ayam pok-pok. Sama-sama berbalut tepung dan berukuran kecil. Hanya saja, cara menyantapnya yang berbeda. Ayam popcorn ini dinikmati seperti menyantap popcorn pada umumnya saja. Jadi, sangat cocok sekali untuk menjadi camilan keluarga anda.

6. Ayam saus madu Korea


Ayam goreng tepung ala Korea terkenal dengan lapisan saus madunya yang manis dan gurih. Kalau rasa manisnya sudah jelas berasal dari madu, rasa gurih dari saus ini berasal dari soy sauce Korea yang asin. Selain itu, ciri khas lain dari ayam khas Korea ini adalah ayam tidak dibalut dengan tepung terigu, melainkan pati kentang atau potato starch. Namun, karena masih sulit ditemukan di Indonesia, pati kentang ini sering digantikan dengan tepung maizena. Hasilnya sama, membuat ayam terasa renyah namun lembut di dalam dan minyak tidak kotor.

7. Ayam krispi saus lemon




Saus lemon adalah salah satu saus nikmat untuk ayam goreng tepung. Rasanya yang segar dapat menyeimbangkan rasa gurih pada ayam goreng. Ayam krispi saus lemon ini merupakan hidangan yang cukup populer dan banyak dipesan di restoran-restoran asian food.

Sumber:https://resepkoki.id/7-ayam-goreng-tepung-kekinian/

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Resep Ayam Goreng Tepung yang Kekinian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel