Urutan yang Tepat Memasukkan Sayur ke Dalam Masakan

Memasukkan sayuran sesuai urutan saat memasak diperlukan supaya seluruh sayur matang bersamaan dan merata. Sehingga, rasa masakan pun semakin nikmat. Urutan memasukkan sayuran ini cukup mudah dipahami. Dimulai dari sayuran yang teksturnya paling keras dan sedikit kandungan air, hingga sayuran hijau yang cenderung cepat layu dan matang.

1. Labu kuning



Labu kuning atau labu parang merupakan salah satu sayuran yang waktu memasaknya paling lama. Teksturnya sangat  keras saat mentah. Oleh karena itu, labu kuning harus jadi sayuran yang dimasukkan pertama kali dibandingkan sayuran lain.

Proses memasak labu yang paling cepat adalah dengan direbus. Itupun membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk empuk. Sebelum direbus, labu kuning juga harus dipotong-potong dadu terlebih dahulu, setidaknya dengan ukuran 5×5 cm.

2. Wortel



Sayuran yang satu ini sudah dikenal memiliki tekstur yang keras. Bahkan untuk memotongnya saja, anda butuh pisau yang benar-benar tajam. Oleh karena itu, wortel harus menjadi sayuran yang dimasak di awal karena membutuhkan waktu lama supaya teksturnya empuk dan matang.

Wortel biasa dimasak dengan direbus dan ditumis. Untuk direbus, wortel yang dipotong setebal 1 cm mwmbutuhkan waktu 10-15 menit untuk empuk. Sedangkan bila ditumis, wortel yang dipotong korek api membutuhkan waktu sekitar 7-9 menit dan 5-7 menit untuk wortel berukuran dadu kecil.

3. Kentang



Waktu matang kentang dan wortel sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika direbus, kentang pun membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk empuk dan matang. Jadi, biasanya rentang waktu untuk memasukkan wortel dan kentang pun tidak terlalu jauh. Kalau wortel sudah dimasak sekitar 2 menit, anda bisa memasukkan kentang. Jangan lupa untuk memotong kentang terlebih dulu, ya.

4. Labu siam



Labu siam memiliki tekstur yang hampir mirip dengan kentang saat disantap. Namun waktu memasaknya relatif lebih singkat karena kandungan airnya lebih banyak. Saat direbus, labu siam membutuhkan waktu 5-7 menit untuk matang.

Kalau anda memasak sayur asam, labu siam ini adalah sayuran pertama yang dimasukkan. Untuk labu siam tumis, waktu memasaknya lebih cepat yaitu sekitar 4 menit saja, karena potongannya lebih kecil dan tipis.

5. Brokoli



Walaupun termasuk sayuran hijau, brokoli memiliki batang yang cukup tebal. Sehingga, proses memasaknya pun membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 7 menit.

Kalau anda ingin memasaknya jadi sup, masukkan brokoli tepat setelah wortel setengah matang, ya.

6. Jagung



Jagung biasa dimasak dengan bentuk yang berbeda-beda. Bisa langsung dimasak 1 tongkol, dipotong-potong bulat, atau dipipil bijinya. Karena berbeda-beda, waktu masaknya pun turut menyesuaikan. Untuk jagung tongkol yang dipotong bulat, biasanya membutuhkan waktu 6-7 menit hingga matang. Jadi, bisa dimasukkan tepat setelah brokoli. Sedangkan untuk jagung pipil segar, hanya butuh waktu 3 menit saja hingga matang dan bisa dimasukkan bersama dengan tomat atau buncis.

7. Buncis



Buncis termasuk sayuran yang cepat matang yaitu sekitar 3 menit. Sehingga bisa dimasukkan dalam waktu berdekatan dengan sayuran hijau. Kalau dimasak jadi cap cay, masukkan buncis setelah brokoli setengah matang.

Sementara itu, kalau dimasak jadi isian sup sayuran, buncis dimasukkan tepat setelah jagung.

8. Tomat



Tomat sebenarnya lebih sehat jika dimakan mentah. Namun, ada beberapa olahan sayuran yang memang jadi lebih nikmat dengan tambahan tomat, seperti tongseng dan sup sayuran. Untuk tongseng, tomat dimasukkan sekitar 1 menit sebelum kubis.

Sedangkan untuk sup sayuran, tomat bisa dimasukkan setelah wortel bisa ditusuk dengan garpu. Tapi, jangan masak tomat lama-lama, ya. Maksimal 3 menit saja supaya tidak layu dan hilang nutrisinya.

9. Sayuran hijau dan kubis


Anda pasti sudah tahu kalau sayuran hijau tidak boleh dimasak lama-lama. Nutrisi sayuran hijau dapat segera hilang kalau terlalu lama terkena panas secara langsung. Oleh karena itu, sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan kangkung harus dimasukkan terakhir ke dalam masakan. Memasaknya pun cukup sebentar saja, sekitar 2 menit hingga daun terlihat lemas.


Walaupun tidak termasuk sayuran hijau, tapi kubis juga sebaiknya juga dimasukkan terakhir ke dalam masakan. Terutama, saat kubis diiris tipis-tipis. Selain karena cepat matang, kubis yang bertekstur renyah tentu lebih nikmat untuk disantap, kan.

Sumber:https://resepkoki.id/urutan-tepat-memasukkan-sayur-ke-masakan/

Belum ada Komentar untuk "Urutan yang Tepat Memasukkan Sayur ke Dalam Masakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel