Apa Bedanya Es Krim, Gelato Dan Sorbet

Selain es krim dan gelato, sorbet juga cukup populer sebagai dessert beku. Warnanya cerah dan beragam, rasanya pun didominasi rasa buah-buahan. Lalu, sebenarnya, apa sih perbedaan es krim, gelato, dan sorbet ini?

1. Bahan-bahan pembuat

Perbedaan mendasar antara es krim, gelato, dan sorbet ada pada bahan pembuatnya. Terutama es krim dan gelato yang sekilas mirip ini, ternyata bahan dasar pembuatnya cukup berbeda. Es krim berbahan dasar krim dan kepala susu, kemudian diberi tambahan kuning telur sebagai pengembang.

Sedangkan gelato, bahan dasar utamanya adalah susu whole milk, gula, dan kuning telur yang jumlahnya lebih sedikit daripada es krim. Penggunaan susu whole milk ini membuat gelato memiliki kadar lemak yang relatif lebih sedikit dari es krim.

Untuk sorbet, bahan utama pembuatannya adalah buah, air es, dan gula. Di beberapa resep, gula juga sering diganti dengan krimer kental manis dan menghasilkan sorbet yang lebih creamy. Beberapa buah yang sering dijadikan sorbet adalah mangga, strawberry, kiwi, dan semangka.

2. Proses pembuatan

Untuk skala homemade, es krim dan gelato dibuat menggunakan mixer. Seluruh bahan pembuat es krim dikocok dengan kecepatan tinggi dan cepat, sehingga banyak udara yang masuk dan membuat es krim mengembang 25% hingga 90%.

Sementara untuk membuat gelato, seluruh bahan baku dikocok dengan kecepatan rendah. Jadinya, gelato hanya bisa mengembang 20% hingga 25% saja.

Berbeda dengan es krim dan gelato, sorbet homemade dibuat menggunakan blender atau food processor. Buah dikupas dan dipotong dadu, kemudian dihaluskan bersama gula atau susu kental manis. Setelah lembut, masukkan air es secara perlahan sehingga teksturnya menyerupai es krim.

3. Suhu pembekuan

Baik es krim, gelato, dan sorbet, ketiganya dibekukan dengan suhu yang berbeda. Es krim perlu dibekukan pada suhu -20 hingga -12 agar tidak mudah cair. Gelato membutuhkan suhu yang lebih panas, yakni dibekukan hanya pada suhu -10. Kalau suhunya terlalu dingin, tekstur gelato justru akan sangat keras. Untuk sorbet, suhu yang dibutuhkan hampir sama dengan gelato, yakni sekitar -10, supaya tidak malah berubah menjadi es batu.

4. Tekstur dan rasa

Komposisi bahannya berbeda, cara membuatnya berbeda, pastilah tekstur dan rasa yang dihasilkan juga berbeda. Saat disantap, es krim memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Ini disebabkan karena es krim sengaja dibuat  ‘mengembang’. Rasa krimnya sangat kuat dan cukup tajam di lidah karena dibekukan pada suhu yang sangat dingin.

Gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan konsentrasi rasa yang lebih kuat daripada es krim. Namun, saat disantap, gelato tidak akan nyelekit di lidah karena suhu bekunya tidak terlalu dingin.


Sementara itu, sorbet memiliki tekstur kristal air yang krenyes-krenyes saat disantap. Rasanya manis dan asam karena didominasi dengan rasa buah-buahan dan sangat ringan.

Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-es-krim-vs-gelato-vs-sorbet/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Es Krim, Gelato Dan Sorbet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel