Cara Membuat Odading Empuk dan Mengembang



Kalau beli kue odading di mamang langganan, saya selalu beli lebih dari satu. Saking sukanya, saya pun belajar untuk membuatnya sendiri di rumah. Tidak langsung sukses, beberapa kali mencoba, saya akhirnya mendapatkan cara agar kue odading bisa empuk dan mengembang sempurna.

1. Ragi yang digunakan masih baik

Membuat odading, anda membutuhkan ragi agar kue mengembang sempurna. Saat akan membuat adonan odading, pastikan ragi yang dipakai masih aktif bekerja. Meskipun anda menggunakan ragi instan, tidak ada salahnya untuk memastikan kembali.

Gunakan air hangat untuk memastikan ragi masih aktif bekerja. Masukkan air hangat ke dalam gelas kecil kemudian ditambahkan ragi. Aduk ragi hingga larut dan diamkan beberapa saat. Jika muncul gelembung-gelembung udara di gelas menandakan ragi masih baik untuk digunakan.

2. Gunakan air hangat untuk menguleni adonan

Air hangat digunakan agar ragi bekerja lebih efektif dan menghasilkan adonan yang bagus. Setelah ragi masuk, uleni adonan hingga kalis. Kalau sudah kalis, tutup mangkuk dengan kain atau plastic wrap agar adonan lebih cepat mengembang.

Saat menambahkan air hangat ke dalam adonan, tuanglah sedikit demi sedikit. Jika ingin odading lebih padat, anda bisa mengurangi jumlah air. Begitupun sebaliknya jika ingin adonan yang lebih lunak.

3. Diamkan adonan selama 30 menit

Setelah tertutup rapat, lakukan proofing atau pendiaman adonan selama 30 menit. Agar adonan lebih cepat mengembang, letakkan adonan di tempat paling hangat di area dapur anda.

Saat proses proofing, pastikan anda nyalakan pengingat waktu. Kalau tidak, adonan bisa terlalu mengembang, kemudian tiba-tiba kempes karena ragi telah mati. Kalau terjadi seperti ini, odading akan menjadi keras dan bantat.

4. Goreng odading dengan api sedang

Proses proofing selesai, maka adonan sudah mengembang sempurna. Ambil sedikit adonan lalu bentuk adonan menjadi bulat. Kalau semua adonan sudah dibentuk, goreng odading dengan api sedang. Penggunaan api sedang agar odading tidak cepat gosong dan matang merata.


Sumber:https://www.resepkoki.id/tips-membuat-odading-empuk-dan-mengembang/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Odading Empuk dan Mengembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel