TIps Membuat 6 Saus Pasta Homemade ala Italia yang Populer


Berbicara tentang saus pasta, pastinya lebih pas jika dipadukan dengan saus ala Italia. Ada 6 saus ala Italia yang terkenal, yaitu carbonara, pesto, bolognese, aglio e olio, alfredo, dan marinara. Keenam saus tersebut punya rasa, penampilan dan ciri khas yang berbeda.

1. Carbonara



Carbonara berasal dari Roma dan diciptakan tahun 1944. Saus berwarna putih ini terbuat dari bahan dasar kuning telur, keju parmesan, bawang putih, lada dan beef bacon. Namun, ada juga yang menambahkan heavy cream agar lebih kental. Seluruh bahan tersebut kemudian ditumis dengan minyak olive hingga mengental.

Carbonara sejatinya berwarna putih dan kental. Namun, supaya tidak terlihat pucat, banyak yang menambahkan sosis, smoked beef, atau bacon agar penampilannya semakin cantik. Adanya protein, bikin gizinya jadi bertambah!

2. Pesto


Saus pesto merupakan saus khas Genoa, Italia Utara. Ciri khas dari saus ini adalah warnanya yang hijau.

Saus pesto sederhana terdiri dari campuran daun basil, bawang putih, kacang pinus, dan keju parmesan. Bahan tersebut kemudian dihaluskan, kecuali keju. Lalu, bahan halus ditumis dengan minyak olive, tambahkan keju parmesan, dan masak hingga tercium aroma wangi.

Warna hijau yang dimiliki saus ini berasal dari daun basil. Sedangkan kacang pinus dan keju membuat saus terasa renyah serta gurih. Wah, sehat dan lezat!

3. Bolognese



Seperti namanya, saus bolognese berasal dari Bologna, Italia. Saus ini biasa disajikan bersama pasta jenis fettucini.

Bahan aslinya adalah cincangan daging sapi, bawang putih, dan wortel. Kemudian, ditumis bersama mentega dan kaldu. Setelah matang, diberi sedikit campuran cream dan keju parmesan agar lebih lembut.

Kini, saus bolognese dimodifikasi dengan penambahan susu dan tomat. Beberapa orang juga ada yang mengganti susu dengan white wine. Jadi, harus diingat bahwa bahan utama saus bolognese adalah daging cincang dan bukan tomat.

4. Aglio E Olio

Saus Aglio E Olio berasal dari masakan rumahan khas Naples, Italia. Bercitarasa gurih, saus ini adalah pelengkap spaghetti yang pas.

Membuat saus Aglio E Olio tidaklah sulit. Hanya perlu menumis bawang putih cincang dan garam dengan minyak olive. Bila suka pedas, tambahkan lada hitam bubuk, cincangan parsley, dan cabai merah kering. Agar lebih gurih, tambahkan juga parutan keju saat disajikan.

Spaghetti yang dihasilkan akan sedikit berminyak dengan sensasi pedas-gurih. Delicious!

5. Alfredo


Saus Alfredo adalah saus terbaik untuk fettucini bergaya Italia-Amerika. Saus ini diracik pertama kali oleh pemilik restoran Roma pada tahun 1914 bernama Alfredo di Lelio.

Bahan dasar saus ini hanya mentega dan heavy cream. Kedua bahan tersebut dimasak selama 8-10 menit hingga saus mengental dan lembut. Namun, agar lebih gurih, ada juga yang menambahkan bawang putih dan keju parmesan.

Saus alfredo sekilas mirip dengan saus carbonara. Namun, warna saus alfredo lebih putih karena tidak mengandung telur. Selain itu, tekstur saus alfredo lebih lembut dengan rasa gurih yang ringan.

6. Marinara


Saus marinara adalah saus tomat khas Italia. Biasanya disajikan bersama hidangan Italia-Amerika seperti ravioli. Saus marinara akan terasa manis-asam dengan sensasi hangat. Ini disebabkan adanya penambahan daun herbal.

Saus ini terbuat dari campuran tomat segar, minyak olive, bawang putih, dan daun herbal seperti basil, daun mint atau peterseli. Tomat ditumis bersama bawang putih, daun herbal, dan minyak olive. Kemudian, diaduk hingga tomat hancur sempurna dan mengental.


Sumber:https://www.resepkoki.id/cara-membuat-6-saus-pasta-ala-italia-yang-populer/

Belum ada Komentar untuk "TIps Membuat 6 Saus Pasta Homemade ala Italia yang Populer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel