4 Cara Memasak Bulgogi Ala Korea yang Praktis dan Empuk



Tapi, tidak mungkin harus selalu pergi ke restoran setiap ngidam bulgogi, kan? Selain menguras kocek, porsi bulgogi di restoran juga terbatas. Sebenarnya, bulgogi bisa dimasak sendiri di rumah, lho! Soalnya, bulgogi termasuk makanan yang praktis dan simpel.

Supaya sukses, ikuti tips-tips di bawah ini, ya!

1. Gunakan Daging Tenderloin

Bulgogi butuh daging yang bertekstur halus. Maka dari itu, pilih bagian tenderloin atau disebut juga daging has dalam.

Tenderloin dikenal sebagai bagian daging yang paling lembut. Selain itu, urat dan lemaknya juga lebih sedikit dibandingkan bagian yang lain. Sehingga, bulgogi yang dihasilkan empuk sekaligus juicy.

2. Potong Daging dalam Keadaan Setengah Beku

Layaknya yakiniku, daging pada bulgogi juga diiris tipis. Agar lebih mudah, iris daging saat masih setengah beku. Sebab, tekstur daging setengah beku masih padat dan tidak alot. Ingat, gunakan pisau yang tajam! Semakin tipis daging yang diiris, bumbu akan semakin meresap.

3. Rendam Daging dengan Bumbu Khusus

Rasa khas bulgogi berasal dari bumbu rendamannya. Agar bumbu meresap, rendam daging minimal selama 2 jam. Selain lebih nikmat dan legit, daging juga akan terasa lebih empuk.

Gunakan campuran bumbu seperti kecap asin, kecap manis, dan lada. Sebenarnya, bulgogi juga direndam dengan sari buah pir Korea. Tapi, jika tidak ada, ganti saja dengan bumbu lain seperti saus tiram. Yang penting, jangan lewatkan minyak wijen dan bawang bombay yang jadi ciri khas bulgogi.

4. Gunakan Wajan Anti Lengket

Bulgogi tidak dipanggang dalam waktu yang lama. Maka dari itu, sebaiknya kita menggunakan wajan anti lengket. Bisa juga gunakan wajan besi atau hot plate agar waktu masak lebih singkat.

Supaya daging matang merata, panggang dengan api sedang, ya! Daging juga harus sembari dibolak-balik dan diaduk dengan bumbu rendaman. Jika daging sudah berubah warna dan bumbunya menyusut, bulgogi sudah siap disajikan.


Sumber:https://www.resepkoki.id/tips-bulgogi-homemade/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memasak Bulgogi Ala Korea yang Praktis dan Empuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel