6 Mcam Masakan yang Dibuat dari Slow Cooker



Selain itu, slow cooker tidak bikin kuah masakan menyusut habis. Makanya, alat ini sangat cocok untuk masakan yang butuh waktu lama. Lantas, jenis masakan apa saja yang cocok dimasak dengan slow cooker?

1. Gudeg

Dibanding menggunakan kompor, masak gudeg pakai slow cooker jauh lebih praktis. Kuahnya tidak menyusut dan lebih kaya rasa.

Mula-mula, susun ayam dan ceker dalam panci slow cooker. Lalu, letakkan nangka dan telur pada lapisan atasnya. Kemudian, kita tambahkan bumbu seperti daun salam, laos, dan gula jawa. Terakhir, tuang santan, air dan bumbu halus. Ingat, tidak perlu diaduk, ya!

2. Rawon



Pernah trauma dengan daging rawon yang alot? Berarti anda perlu coba masak dengan slow cooker. Cukup tambahkan daging dan bumbu yang telah ditumis ke dalam alat ini. Lalu, tunggu hingga rawon matang, deh.

3. Rendang

Kalau tidak ingin masak rendang dengan cara yang ribet, gunakan saja slow cooker. Alat ini akan bisa buat rendang empuk tanpa hancur. Tapi, rebus rendang terlebih dahulu, ya! Agar kotoran dari daging tidak ikut termasak.

Pertama, masukkan rendang, daun salam dan bumbu halus dalam slow cooker. Aduk hingga daging terbumbui seluruhnya. Lalu, tuang santan dan tambahkan garam serta gula sesuai selera. Selanjutnya, anda tinggal tunggu hingga rendang matang dan empuk.

4. Bubur Kacang Hijau



Bukan rahasia lagi kalau butuh waktu yang lama supaya kacang hijau jadi empuk. Tapi, berkat slow cooker, anda tidak perlu berada di depan kompor hingga berjam-jam.

Cukup masukkan kacang hijau, daun pandan, dan air dalam slow cooker. Setelah 3 jam, tambahkan gula, garam, vanili, dan jahe. Masak kembali selama 1-2 jam.  Sajian dengan kuah santan agar lebih nikmat dan gurih.

5. Garang asem


Jika menggunakan slow cooker, anda tidak perlu lagi mematangkan garang asem di kompor. Hemat tenaga dan uang, kan. 
Tinggal masukkan semua bumbu dan bahan ke dalam slow cooker. Tambahkan air sebagai kuah sesuai selera. Tapi, jangan lupa alas slow cooker dengan daun pisang, ya. Soalnya, aroma daun pisanglah yang menjadi ciri khas kuliner ini.

6. Sop buntut


Sop buntut yang “menyusahkan” bisa dibuat mudah dengan menggunakan slow cooker. Cukup satu tombol untuk bikin sop buntut yang lezat dan empuk.

Rebus terlebih dahulu buntut sapi dan buang kotorannya. Lalu masukkan sayuran, buntut sapi, air rebusan, bumbu dalam slow cooker.  Masak dengan mode high dan tunggu beberapa jam. Jika sudah matang, koreksi rasanya sebelum disajikan.

Bagi saya, kehadiran slow cooker sangat bantu menghemat waktu masak. Apalagi, ada banyak jenis masakan yang bisa kita buat dengan alat ini. Tapi, anda harus pandai ukur waktu yang dibutuhkan hingga masakan matang.


Sumber:https://www.resepkoki.id/masakan-slow-cooker/

Belum ada Komentar untuk "6 Mcam Masakan yang Dibuat dari Slow Cooker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel