9 Macam Resep Menu Prasmanan dalam Pernikahan Adat Sunda



Bicara soal makanan, tentu setiap daerah punya menu khas tersendiri. Salah satunya menu prasmanan adat Sunda. Terkenal dengan cita rasa manis-gurih, apa saja menu tersebut?

1. Ayam Goreng Bumbu Lengkuas



Sepertinya ayam goreng sangat umum dijumpai di pernikahan. Soalnya, menu ini salah satu favorit orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi kalau ditambah kremesan dari lengkuas. Selain gurih, lengkuas juga bikin aroma ayam goreng semakin wangi dan khas.

2. Ayam Kecap Goreng Mentega



Bosan dengan ayam goreng biasa, anda bisa pilih ayam kecap. Rasa manis yang meresap dalam daging terasa legit di lidah. Adanya mentega, buat ayam kecap jadi lebih gurih dan wangi. Dijamin, hidangan ini mampu buat tamu anda ketagihan.

3. Gepuk Sapi Empuk Harum


Di daerah Sunda, gepuk adalah olahan sapi yang sangat terkenal. Makanya tidak heran kalau di rumah makan maupun acara besar, menu ini sering terlihat. Rasa asli gepuk sapi adalah manis dan gurih. Kelezatannya semakin sempurna dengan tekstur daging yang empuk serta wangi khas rempah. 

4. Bistik Sapi Kuah Kental



Bistik adalah modifikasi dari beef steak ala western. Nah, hampir setiap daerah punya gaya bistik sendiri seperti betawi,  jawa, dan Sunda.

Bistik Sunda punya kuah yang lebih kental. Dipadu irisan daging sapi agak tebal, namun tetap empuk dan lezat. Saat dimakan, akan terasa sensasi hangat hasil dari campuran cengkeh, jahe, kapulaga, pala, dan kayu manis. Mantap pokoknya!

5. Kakap Asam Manis


Selain sajian ayam dan daging, bisa juga pilih olahan berbahan dasar ikan. Salah satu menu ikan favorit adalah kakap asam manis. Daging kakap fillet yang lembut berbalut tepung bumbu digoreng hingga renyah. Kemudian, diguyur saus asam manis yang kental dan lezat. 
Kakap asam manis siap buat menu prasmanan anda jadi lebih mewah!

6. Cumi Goreng Tepung




Masakan Sunda memang jarang yang terbuat dari olahan seafood. Namun, cumi goreng tepung bisa jadi alternatif hidangan prasmanan yang cocok untuk anak-anak. Sebab, rasanya gurih dan tidak ‘tajam’ di lidah. Selain itu, teksturnya yang renyah sekaligus kenyal, bikin siapa saja tergiur mencoba.

7. Karedok Khas Sunda



Tanah Sunda punya sayuran khas, yaitu karedok. Karedok merupakan campuran sayuran mentah dengan bumbu kacang. Biasanya sayuran tersebut terdiri dari kol, tauge, terong bulat hijau, kacang panjang, dan mentimun. Bumbu kacangnya pun khas, karena ada tambahan kencur yang bikin bumbu ini tambah wangi.

8. Tumis Capcay



Walaupun capcay asli masakan oriental, tapi sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Terkadang, sajian ini dijadikan pilihan sayuran pada menu prasmanan. Sebab, sangat praktis dimasak dan penampilannya cantik berwarna-warni.

9. Sop Bakso Sayur

Menu sop biasa hadir di menu prasmanan Sunda. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan orang Sunda yang suka makanan berkuah. Jika sudah ada menu olahan hewani (ayam, ikan, dan daging), sop bisa diisi dengan sayur, bakso atau sosis. Sop bakso sayur sangat pas dinikmati semua kalangan, baik anak-anak, dewasa, maupun lansia.


Sumber:https://www.resepkoki.id/prasmanan-nikahan-sunda/

Belum ada Komentar untuk "9 Macam Resep Menu Prasmanan dalam Pernikahan Adat Sunda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel