6 Tips Merebus Kerang Agar Tidak Amis dan Tidak Alot



Padahal, tidak sulit untuk mengolah kerang sendiri dengan hasil yang tidak amis dan tidak alot. Simak tips-nya berikut ini!

1. Pilih Kerang yang Segar

Saat membeli anda perlu memastikan jika kerang masih segar. Kerang yang masih segar memiliki ciri, tidak berbau, tidak berlendir, dan cangkangnya masih tertutup erat tidak terbuka. Kalau anda memilih kerang kupas, pilih yang segar dan warna yang alami.

2. Bersihkan Kerang

Cangkang kerang yang akan dimasak harus dibersihkan terlebih dulu. Cuci cangkang dengan air mengalir. Lalu sikat cangkang sampai kotoran dan lumpur yang menempel hilang. Kalau tidak bersih, rasa kerang bisa berubah.

3. Rendam Kerang dengan Perasan Air Jeruk

Supaya tidak amis, rendam kerang dalam perasan jeruk nipis atau lemon. Rendam kerang selama 30 menit dan tutup wadah dengan rapat. Selesai direndam, cuci dan bilas bersih kerang.

4. Rebus Kerang dengan Bumbu

Bumbu seperti jahe, bawang putih, bawang merah, serai, dan daun jeruk dapat menurunkan bau amis pada kerang. Anda bisa memilih satu dari beberapa bumbu.

Jahe yang sudah dipotong kecil-kecil dimasukkan ke dalam air rebusan. Atau bawang putih atau bawang merah cincang yang di taburkan ke atas kerang. Sedangkan daun jeruk dan serai yang sudah dimemarkan langsung dimasukkan dalam air.

5. Gunakan Api Sedang dan Jangan Masak Terlalu Lama

Saat merebus kerang gunakan api sedang, supaya daging kerang matang merata dan tidak alot. Kalau cangkang kerang sudah membuka, segera matikan api. Memasak masak kerang hanya 4 menit. Kalau kelamaan merebus kerang, akan membuat daging menjadi alot dan mengkerut.

Perebusan kerang sebaiknya menggunakan saute pan agar atau wajan anti lengket agar lebih mudah mengaduknya.

6. Jangan Buka Tutup Wajan

Selama perebusan kerang anda harus menutup wajan. Agar kerang matang menyeluruh dengan sempurna. Tidak ada kerang yang keras atau terlalu lunak. Menutup wajan akan membantu meningkatkan uap panas di dalam wajan dan membuat kerang cepat matang.

Tutup wajan selama 4 menit sebelum membuka wajan dan angkat kerang. Kalau anda menutup dan membuka wajan terlalu sering akan mengganggu tekanan udara dalam wajan. Kalau takut bumbu tidak rata dan gosong, goyangkan wajan saja.


Sumber:https://www.resepkoki.id/6-cara-merebus-kerang-agar-tidak-amis-dan-tidak-alot/

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Merebus Kerang Agar Tidak Amis dan Tidak Alot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel