Aneka Beras Putih



Beras putih diperoleh dari padi yang sudah digiling dan dibersihkan hingga warnanya putih.

Terdapat beberapa jenis beras putih yang ada di pasaran, lho.

1. Pandan wangi

Beras pandan wangi termasuk dalam beras unggulan. Beras ini memiliki aromanya seperti pandan dan akan lebih menyengat saat beras dimasak. Tekstur pulen pada beras memberikan rasa yang lebih enak. Bentuk beras cenderung bulat dan ujungnya tidak runcing. Warna beras ini putih kekuningan dan bening.

2. Rojolele

Beras rojolele adalah beras yang paling banyak digunakan di Jawa Tengah atau Jawa Timur.  Beras rojolele juga dikenal dengan nama beras muncul di daerah Jawa Barat. Bentuk beras rojolele cenderung berbentuk bulat. Selain itu, terdapat sedikit bagian yang berwarna putih susu.

3. Setra Ramos

Beras ramos adalah beras jenis IR 64 yang banyak ditanam di Jawa Barat. Beras ini paling banyak digemari karena teksturnya yang pulen dan rasanya yang gurih. Bentuk beras ramos bulirnya panjang dan memiliki aroma beras natural. Beras ramos ini paling banyak beredar di pasaran karena harganya yang relatif murah.

4. IR 42

Beras IR 42 mirip dengan beras IR 64. Selain namanya, bentuknya pun mirip. Bentuk beras IR 42 berbentuk panjang tapi lebih kecil dari IR 64. Beras ini setelah dimasak akan menghasilkan nasi yang pera, sedikit keras dan kering. Nasi ini sangat cocok untuk dijadikan nasi goreng, lontong, ketupat, atau nasi uduk.

5. Batang Lembang

Beras ini dikenal juga dengan nama beras Jepang. Bentuk beras batang lembang butir-butirannya panjang. Warna beras putih jernih dengan tekstur sangat pulen. Beras ini termasuk beras paling pulen dibandingkan dengan varietas yang lain.

6. Mentik Susu

Beras mentik susu adalah beras organik yang sangat kaya nutrisi dan mineral. Beras mentik susu berwarna putih mirip dengan susu dan bentuknya mirip dengan beras ketan putih. Tekstur beras ini sangat pulen seperti beras batang lembang. Beras mentik susu tidak berbau wangi.

7. Mentik Wangi

Beras mentik wangi merupakan beras organik yang punya kandungan gula rendah sehingga cocok sekali untuk penderita diabetes. Beras ini empuk dan pulen serta aroma yang wangi ketika ditanak.


Sumber:https://www.resepkoki.id/aneka-beras-putih-yang-ada-di-indonesia/

Belum ada Komentar untuk "Aneka Beras Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel