Apa bedanya Cimol, Cilok Dengan Pentol


1. Asal Usul

Cimol dan cilok sama-sama berasal dari Jawa Barat. Cimol merupakan singkatan bahasa sunda, aci digemol yang berarti tepung kanji dibuat bulat-bulat. Cilok juga merupakan singkatan bahasa sunda aci dicolok yang berarti aci yang dimakan dengan cara dicolok.

Pentol sendiri berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Namun, saat ini pentol sudah tersebar di mana-mana. Bahkan ke luar Pulau Jawa.

2. Bahan Pembuat dan Cara Memasak

Cimol dan cilok sama-sama terbuat dari tepung kanji dan beberapa bumbu dasar. Namun, perbedaannya ada pada cara memasaknya.

Setelah dibentuk bulat-bulat, cimol kemudian digoreng hingga bagian luarnya kering. Sementara itu, setelah dibentuk bulat-bulat, cilok kemudian direbus atau dikukus. Cilok juga sering diberi isian di tengahnya seperti telur, daging cincang, atau abon.

Pentol dibuat dari campuran tepung kanji dengan sedikit daging sapi. Adonan kemudian dibulatkan menggunakan sendok, lalu direbus hingga mengapung seperti bakso.

3. Tekstur

Cimol memiliki tekstur yang kering dan garing di bagian luarnya, sedangkan bagian dalam sangat kenyal ketika dikunyah. Oleh karena itu, menyantap cimol lebih enak selagi hangat agar tetap kenyal dan tidak alot.

Cilok dan pentol memiliki sama-sama memiliki tekstur yang kenyal. Namun, cilok punya permukaan yang lebih licin daripada pentol. Pentol diberi sedikit tambahan daging sapi yang memuat permukaan pentol lebih kasar.

4. Penyajian

Cimol yang telah digoreng biasanya diberi tambahan bubuk bumbu berbagai rasa, seperti bubuk cabe gurih, bubuk rasa keju, dan bubuk rasa bbq.

Sedangkan cilok, sesuai dengan namanya setelah matang dicolok dengan tusuk sate atau lidi lalu diberi saus kacang, kecap, atau saus sambal. Tapi ada juga yang tanpa dicolok.

Untuk pentol, biasanya disajikan dengan tambahan saus sambal  dan kecap. Menyantap pentol juga bisa dengan kuah maupun tanpa kuah.


Sumber:https://www.resepkoki.id/apa-bedanya-cimol-vs-cilok-vs-pentol/

Belum ada Komentar untuk "Apa bedanya Cimol, Cilok Dengan Pentol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel