Tips Membuat Semur Jengkol Betawi


membuat semur jengkol yang legit. Selain mudah, rasanya pun tak kalah enak. Berikut cara memasak semur jengkol betawi.

1. Pilih Jengkol yang Tua

Untuk mendapatkan semur jengkol yang nikmat, anda perlu memilih jengkol yang tepat. Jengkol yang dipilih sebaiknya berumur tua dengan bentuk bulat, kulit mulus dan tidak rusak.

Kemudian, rendam jengkol ke dalam air dingin atau air es selama satu malam untuk menurunkan bau dan melunakkan jengkol. Atau anda bisa menggunakan air kapur sirih atau air beras untuk merendam jengkol.

2. Rebus dan Bersihkan Jengkol

Jengkol yang sudah direndam semalaman kemudian direbus selama kurang lebih 2 jam hingga empuk. Tapi jangan terlalu matang, kalau terlalu matang jengkol akan cepat hancur saat dipipihkan.

Setelah merebus, kupas kulit jengkol sampai bersih. Belah jengkol menjadi dua bagian dan pipihkan agar bumbu semur cepat meresap dan meningkatkan citarasa semur.

3. Tumis Bumbu Semur

Bumbu semur seperti, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, ketumbar, jinten, cengkeh, dan biji pala dihaluskan dengan blender. Kemudian tumis bumbu halus bersama kayu manis dan daun salam. Kalau tumisan bumbu sudah harum, tambahkan air.

4. Masak Jengkol

Setelah bumbu mendidih, masukkan jengkol yang sudah bersih. Tambahkan kecap manis, bumbu kaldu, gula, dan garam. Aduk hingga jengkol dan bumbu lainnya menyatu. Masak jengkol hingga empuk dan kuahnya mengental.

5. Koreksi Rasa dan Sajikan


Setelah kuah semur mengental dan jengkol empuk, kini saatnya koreksi rasa. Kalau rasa semur kurang pas anda bisa menambahkan gula, garam, atau sedikit penyedap rasa. Setelah rasa sudah pas, sajikan semur.

Sumber:https://www.resepkoki.id/cara-membuat-semur-jengkol/

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuat Semur Jengkol Betawi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel